PERBANDINGAN METODE WEIGHTED MOVING AVERAGE DAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING TERHADAP PERAMALAN PENJUALAN JERSEY PSS SLEMAN (STUDI KASUS : SMBD APPAREL)

Buana, Chandra Cahya (2021) PERBANDINGAN METODE WEIGHTED MOVING AVERAGE DAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING TERHADAP PERAMALAN PENJUALAN JERSEY PSS SLEMAN (STUDI KASUS : SMBD APPAREL). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5. COVER.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTAK B.INDO - B.INGGRIS.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan penjualan jersey PSS Sleman dengan memanfaatkan data historis penjualan yang dimiliki oleh pihak SMBD Apparel. Metode peramalan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Weighted Moving Average (WMA) dan metode Double Exponential Smoothing (DES) serta metode perhitungan kesalahan peramalan dengan metode Root Mean Square Error (RMSE). Kedua metode peramalan tersebut dirasa cocok dengan pola data historis penjualan jersey yang didapatkan dari pihak SMBD Apparel yang mengandung unsur pola trend. Data yang digunakan yaitu data historis penjualan perbulan dengan kategori Supporter Version Home sejak kurun waktu tahun 2015 hingga tahun 2019. Peramalan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu peramalan perbulan dan peramalan per empat bulan. Hasil dari penelitian ini adalah hasil perhitungan dari masing-masing metode peramalan dan tingkat kesalahan peramalan dibandingkan dengan mencari metode manakah yang memiliki nilai error minimum. Dalam peramalan perbulan menunjukan metode WMA bobot 5 bulan memiliki error minimun dengan nilai RMSE sebesar 182,79. Dalam peramalan per empat bulan menunjukan metode DES Holt alpha 0,1 dan gamma 0,1 memiliki error minimum dengan nilai RMSE sebesar 327,71. Kata Kunci : Peramalan Penjualan, Weighted Moving Average, Double Exponential Smoothing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:15
Last Modified: 29 Jun 2021 03:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26114

Actions (login required)

View Item View Item