ANALISIS PETROFISIKA PADA LAPISAN “S”, FORMASI TALANGAKAR, LAPANGAN “RIZKY”, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA, BERDASARKAN DATA SUMUR

AGUSTIAN, SANDI RIZKY (2020) ANALISIS PETROFISIKA PADA LAPISAN “S”, FORMASI TALANGAKAR, LAPANGAN “RIZKY”, CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA, BERDASARKAN DATA SUMUR. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
File Tugas Akhir Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Lokasi penelitian merupakan daerah konsesi PT. PHE yang berada pada Rendahan Cipunegara, Sub-Cekungan Jatibarang, Cekungan Jawa Barat Utara. Lokasi penelitian yang merupakan daerah Lapangan “Rizky” ini terdiri dari 3 sumur. Lapisan “S” merupakan salah satu lapisan dari Formasi Talangakar yang memiliki interval kedalaman mulai dari 2790 mD. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui properti petrofisika. Penelitian pada Lapisan di Formasi Talangakar terdiri dari dua analisis yaitu berdasarkan analisis kualitatif berupa penentuan variasi litologi, geometri, dan lingkungan pengendapan, serta analisis kuantitatif berupa penentuan nilai parameter petrofisika. Variasi litologi yang terdapat pada Formasi penelitian terdiri dari batupasir, batubara, dan serpih. Geometri lapisan pada Sumur SRA-05 memiliki ketebalan 16 meter, Sumur SRA-06 memiliki ketebalan 12 meter, Sumur SRA-07 memiliki ketebalan 16 meter dan dari ketiga sumur ini menunjukkan adanya hidrokarbon berupa oil show. Lapisan “S” diendapkan pada lingkungan pengendapan deltaik dengan fasies yaitu distributary channel. Berdasarkan tinjauan analisis kuantitatif, diperoleh hasil analisis petrofisika sebagai berikut cutoff Volume Shale (Vsh) 0,305; cutoff Porositas (фe) 0,102; cutoff Saturasi Air (Sw) 0,72; sehingga menghasilkan nilai Vsh sebesar 0,13; nilai Φe sebesar 0,162; nilai Sw sebesar 0,528; dan nilai permeabilitas (mD) sebesar 27,74 mD. Kata kunci : Analisis Petrofisika, Lapisan S, Formasi Talangakar, Cekungan Jawa Barat Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Petrofisika, Lapisan S, Formasi Talangakar, Cekungan Jawa Barat Utara.
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:40
Last Modified: 29 Jun 2021 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26108

Actions (login required)

View Item View Item