PERENCANAAN PERSEDIAAN PRODUK WORK IN PROCESS (WIP) DENGAN MENGGUNAKAN ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) MULTI ITEM (Studi Kasus di PT. Raja Besi, Semarang)

Atsiilia, Yumna (2021) PERENCANAAN PERSEDIAAN PRODUK WORK IN PROCESS (WIP) DENGAN MENGGUNAKAN ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) MULTI ITEM (Studi Kasus di PT. Raja Besi, Semarang). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT. Raja Besi merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak pada industri besi baja. Produk yang dihasilkan berupa pipa baja karbon, pipa baja galvanis, pipa baja siku, galvanis kotak, pipa spiral, pipa baja conduit dan sebagainya. Sistem produksi yang dijalankan berupa Make to Order (MTO) repetitif. Permintaan yang datang bersifat fluktuatif. Hal tersebut membuat penentuan kuantitas produksi belum optimal sehingga kerap terjadi adanya overstock maupun stockout pada persediaan item-item tertentu. Terjadinya overstock dan stockout akan meningkatkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu diperlukan adanya penentuan kuantitas produksi yang optimal guna mengendalikan persediaan produk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan persediaan terhadap produk work in process (WIP) dari pipa baja jenis galvanis golongan fast moving dengan melakukan pendekatan Make to Stock (MTS). Penentuan kuantitas pengadaan persediaan produk WIP yang optimal ini diharapkan dapat mempercepat proses penyelesaian pesanan berikutnya. Metode yang digunakan adalah metode Economic Production Quantity (EPQ) Multi Item. Metode EPQ Multi Item bertujuan menentukan kuantitas produksi yang optimal untuk meminimumkan jumlah biaya persediaan dalam memproduksi beberapa jenis item.
Penelitian dilakukan dengan menggolongkan produk golongan fast moving menggunakan klasifikasi ABC. Kemudian ditentukan agregasi data historis permintaan dari produk golongan fast moving tersebut. Langkah selanjutnya meramalkan permintaan dengan peramalan probabilistik menggunakan simulasi Monte Carlo. Hasil dari peramalan kemudian dilakukan disagregasi untuk mendapatkan permintaan untuk masing-masing produk. Berdasarkan data permintaan tiap produk, dilakukan perhitungan menggunakan EPQ Multi Item terhadap siklus produksi, kuantitas produksi dan total biaya persediaan. Selain itu juga ditentukan interval waktu produksi, safety stock dan tingkat persediaan maksimum.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kuantitas produksi optimal untuk setiap item dilakukan dalam 3 siklus produk pada periode April 2020 – Maret 2021. Hasil total biaya persediaan pada periode tersebut sebesar Rp413.905.790.290,560. Oleh karena itu perusahaan dapat melakukan penghematan biaya persediaan senilai 1,191% dengan selisih Rp4.987.131.603,411.
Kata kunci: Economic Production Quantity (EPQ) Multi Item, kuantitas produksi, siklus produksi, biaya persediaan minimum

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Economic Production Quantity (EPQ) Multi Item, kuantitas produksi, siklus produksi, biaya persediaan minimum
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:11
Last Modified: 27 Dec 2022 01:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26100

Actions (login required)

View Item View Item