PENENTUAN URUTAN LAPISAN YANG AKAN DILAKUKAN WATERFLOODING BERDASARKAN SCORING SCREENING CRITERIA PADA FORMASI AIR BENAKAT DI LAPANGAN “DD”

ASTUTI, BINTANG DYAH (2021) PENENTUAN URUTAN LAPISAN YANG AKAN DILAKUKAN WATERFLOODING BERDASARKAN SCORING SCREENING CRITERIA PADA FORMASI AIR BENAKAT DI LAPANGAN “DD”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Daftar Lampiran.pdf

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-Bintang-Dyah-Astuti--113170090.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-Bintang-Dyah-Astuti--113170090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lapangan “DD” merupakan lapangan yang terletak di bagian Barat Laut, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Pada Lapangan “DD” Akan dilakukan Waterflooding untuk itu perlu dilakukan urutan skala prioritas berdasarkan screening criteria. Maka dilakukannya penentuan scoring screening criteria pada Formasi Air Benakat dilapangan “DD”. Kegiatan produksi di Lapangan “DD” telah dimulai semenjak 5 Mei 2010. Pada Februari 2021, Terdapat 7 Lapisan yang sudah diproduksikan pada Lapisan “ABF” yaitu S-14, S-15, S-15.5, S-16, S-16B, S-17, S-18. Dan terdapat 3 Lapisan yang belum diproduksikan yaitu S-17B, S-18.5, S-20.
Tahapan dalam pengerjaan skripsi ini adalah mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan screening criteria waterflooding seperti data reservoir, data produksi, data tekanan, dan data penunjang . Kemudian pada proses Screening criteria yang akan dibahas terbagi menjadi 6 yaitu Fasa Pendesakan, Reservoir Quality, Remaining Oil Movable, Tekanan Reservoir diatas/dibawah Tekanan Saturasi, Drive Mechanism, dan Bonding Cement. Dari parameter yang sudah dicari didapatkan sebuah rangking (Scoring) dan dilakukan penjumlahan dari Lapisan. Sehingga dapat membantu dalam mengambil keputusan yang akan di lakukan Injeksi Air (Waterflooding) pada Lapisan yang berproduksi di Lapangan “DD”.
Berdasarkan hasil dari Scoring Screening Criteria Injeksi Air (Waterflooding), jumlah Score per-lapisan dapat disimpulkan pada S-18 dan S-15 memiliki nilai 13, S-14 memiliki nilai 12, S-15.5 dan S-16 memiliki nilai 11, S-17 memiliki nilai 10, dan S-16B memiliki nilai 9. Jadi hasil dari Scoring dapat dilihat bahwa S-18, S-15 dan S-14 memiliki nilai tertinggi dari Screening Criteria pada Lapangan “DD. Jika dilihat dari besarnya Original Oil in Place (OOIP) dan Remaining Oil Movable yang memiliki nilai terbesar yaitu pada Lapisan S-18, S-14, dan S-15. Sehingga yang direkomendasikan untuk melakukan Injeksi Air (waterflooding) adalah S-18, S-14, dan S-15.
Kata Kunci: Screening Criteria, Injeksi Air (Waterflooding), Scoring Screening Criteria

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Screening Criteria, Injeksi Air (Waterflooding), Scoring Screening Criteria
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Jun 2021 01:32
Last Modified: 16 Dec 2022 08:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26095

Actions (login required)

View Item View Item