PEER REVIEW + TURNITINE SEKILAS PERILAKU MASYARAKAT ENTIKONG (PERBATASAN INDONESIAMALAYSIA) DALAM MENGHADAPI BISNIS GLOBAL

Rahatmawati, Istiana and Wahyuni, Purbudi (2012) PEER REVIEW + TURNITINE SEKILAS PERILAKU MASYARAKAT ENTIKONG (PERBATASAN INDONESIAMALAYSIA) DALAM MENGHADAPI BISNIS GLOBAL. UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
sekilas pelaku masyarakat entikong.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Entikong sebagai salah satu wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia yang merupakan perbatasan fisik (darat) terpanjang di Indonesia dengan Negara lain, yang juga merupakan pintu gerbang terdepan keluar-masuknya barang dan jasa. Kurangnya perhitian Pemerintah Indonesia terhadap wilayah ini, menyebabkan timpangnya kondisi yang ada antar dua Negara bertetangga. Didorong kesepakatan global terbukanya lintas batas perdagangan antar Negara, hal ini menyebabkan kondisi Indonesia semakin tertinggal jauh dengan Malaysia. Padahal jika segera dikelola dengan benar potensi yang ada di wilayah Entikong mempunyai banyak keunikan yang tidak kalah menariknya untuk bisa mendatangkan devisa Negara baik dari sektor hasil bumi (lada hitam, karet) maupun dari budaya (budaya masyarakat Dayak yang masih kental) serta keindahan alam (ekowisata baik berupa air terjun Pancur Aji, dan wisata hutan lainnya). Disamping itu mumpung masih adanya jiwa Merah Putih untuk mempertahankan NKRI, terbukti sebagian besar mereka masih bercita-cita menjadi Guru sebagai wujud kesadaran pentingnya kualitas generasi penerus bangsa yang saat ini masih sangat rendah (sebagian besar penduduknya belum lulus pendidikan Sembilan tahun) dalam menghadapi bisnis global. Temuan ini diharapkan bisa memberikan informasi sebagai bahan pertimbangan bagi para pemangku kebijakan untuk segera mengambil solusi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: pintu gerbang terdepan, jiwa Merah Putih, ekowisata, NKRI.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr. MM. Purbudi Wahyuni
Date Deposited: 12 Oct 2021 23:13
Last Modified: 12 Oct 2021 23:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26089

Actions (login required)

View Item View Item