PEER REVIEW + TURNITINE MODEL PENATAAN LINGKUNGAN DAN MANAJEMEN BENCANA MELALUI TRANSFER KNOWLEDGE GERAKAN MUDA

Wahyuni, Purbudi and Ciptahening, Ayu Narwastu and Rahatmawati, Istiana (2017) PEER REVIEW + TURNITINE MODEL PENATAAN LINGKUNGAN DAN MANAJEMEN BENCANA MELALUI TRANSFER KNOWLEDGE GERAKAN MUDA. LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Model penataan lingkungan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah penataan lingkungan dan pengelolaan kebencanaan melalui peran Karang Taruna berprestasi nasional yaitu Karang Taruna Jaya Kusuma dari Desa Singosaren, Baguntapan, Bantul yang memiliki program pengelolaan lingkungan dan UKS (Usaha Kesejahteraan Sosial) serta UEP (Usaha Ekonomi Produktif)., melakukan transfer knowledge pada Karang Taruna Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, yang memiliki banyak pemuda yang masih menganggur tapi mempunyai semangat bekerja sama yang menjadi subjek penelitian ini yaitu Karang Taruna GEMA PERSADA di Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta yang dibentuk oleh peneliti pada hibah tahun pertama. Ada tiga keterampilan yang perlu dimiliki oleh pemuda dalam mengurus Karang Taruna ketika menjalin hubungan dengan orang lain, yaitu followership, kecerdasan emosional, serta pelatihan dan pengembangan. Namun penelitian ini hanya memfokuskan pada kecerdasan emosional, serta pelatihan dan pengembangan, karena hubungan antar Karang Taruna ini adalah sejajar/mitra bukan atasan dan bawahan (teori followership cocok digunakan untuk hubungan atasan dan bawahan). Selain itu, Kecerdasan Emosional memiliki hubungan resiprokal antara organisasi dan anggotanya (dalam kenteks ini Karang Taruna). Kecerdasan emosional yang baik harus dimiliki oleh setiap pemuda dan pemudi, potensi ini menentukan keberhasilan seseorang dalam berusaha dan akan menentukan kualitas hidupnya. Diharapkan setelah tahap akhir penelitian ini, akan terjadi peningkatan kecerdasan emosional pada pemuda (Karang Taruna) binaan yang menjadi subjek penelitian. Penelitian dilakukan dengan metoda quasi eksperimen selama tiga tahun. Penelitian saat ini merupakan peneltian di tahun ke dua, yaitu terjadinya proses transfer knowledge dari Karang Taruna berprestasi Nasional di Desa Singosaren, Banguntapan, Bantul, ke Karang Taruna binaan yaitu Karang Taruna GEMA PERSADA di Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Penelitian ini memfasilitasi terjadinya proses pembelajaran sosial selama tiga tahun. Luaran penelitian ini adalah seminar dan publikasi nasional/internasional. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah terjadi proses pembelajaran sosial untuk Karang Taruna GEMA PERSADA, sehingga mampu mengelola lingkungan dan kebencanaan, serta meningkatnya Kecerdasan Emosional.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Transfer knowledge, Environment and disaster management, Followership, Emotional quation, Training and development
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Depositing User: Dr. MM. Purbudi Wahyuni
Date Deposited: 12 Oct 2021 23:17
Last Modified: 12 Oct 2021 23:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26078

Actions (login required)

View Item View Item