GEOLOGI DAN ANALISIS KESTABILAN LERENG PADA PIT XY PT PAMA PERSADA DISTRICK PT ADARO INDONESIA, KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

TARIGAN, KARINA (2021) GEOLOGI DAN ANALISIS KESTABILAN LERENG PADA PIT XY PT PAMA PERSADA DISTRICK PT ADARO INDONESIA, KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Daerah penelitian ini secara administrasi berada di daerah Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan secara astronomis daerah ini berada pada UTM 50 S WGS 1984 (Universal Transverse Mercator) dengan koordinat X: 331436 mT – 3348186 mT, Y: 99753418 mU – 9755940 mU. Daerah telitian memiliki luasan 3,0 x 2,5 km. Lokasi telitian ini termasuk ke dalam area Perjanjian Kerjasama Pertambangan Batubara (PKP2B) PT. Adaro Indonesia. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemetaan geologi permukaan untuk mendapatkan data geologi dan analisis kestabilan lereng menggunakan metode Limit Equilibrium (LEM) untuk mendapatkan nilai Faktor Keamanan (FK) lereng daerah penelitian. Pada lokasi penelitian dilakukan aktivitas penggalian, pengangkutan, penimbunan, erosi dan kegiatan lain yang dapat menggangu kestabilan lereng sehingga lereng akan mencari kesetimbangan baru oleh karena itu dilakukan analisis kestabilan lereng untuk mendapatkan nilai faktor keamanan dan mengetahui kondisi lereng pada daerah penelitian. Satuan geomorfologi daerah telitian menurut klasifikasi (Zuidan,1983), masuk dalam bentukasal Antropogenik yang terbagi menjadi 3 bentuk lahan, diantaranya bukaan tambang / PIT (A1), timbunan / disposal (A2) dan Kolam penampungan air / sump (A3). Stratigrafi daerah telitian paling tua ke muda, yaitu Satuan batupasir Warukin dan Satuan batulempung Warukin yang kedua satuan batuan ini berumur Miosen Tengah – Miosen Akhir (Rustandi dkk,.1995). Terdapat struktur geologi berupa kekar pada lapisan batubara (cleat) serta berkembang struktur geologi berupa sesar naik pada daerah penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan faktor keamanan lereng tunggal menggunakan metode Bishop, direkomedasikan geometeri lereng tunggal yaitu tinggi lereng 16m, kemiringan lereng 40° dan lebar jenjang 8m sedangkan hasil perhitungan faktor kemanan lereng high wall menggunakan metode Hoek-Brown didapatkan nilai faktor keamanan sebesar 1,47 dengan bidang longsorsan circular sedangkan untuk bidang longsor planar didapatkan nilai faktor keamanan 1,42. Kata Kunci: pemetaan geologi, kestabilan lereng, Highwall, analisis geologi teknik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:34
Last Modified: 23 Jun 2021 04:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25994

Actions (login required)

View Item View Item