PENENTUAN KOMBINASI BAHAN BAKU TERHADAP KUAT TEKAN PADA BATA EXPOSE DENGAN MEMANFAATKAN ABU SEKAM PADI MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi kasus di UD SOKKA MTY di Godean, Sleman)

Febriyanto, Muh Aji (2020) PENENTUAN KOMBINASI BAHAN BAKU TERHADAP KUAT TEKAN PADA BATA EXPOSE DENGAN MEMANFAATKAN ABU SEKAM PADI MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi kasus di UD SOKKA MTY di Godean, Sleman). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
TUGAS AKHIR FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (845kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-1.pdf

Download (105kB)

Abstract

UD SOKKA MTY merupakan salah satu UD yang terletak di Berjo, Sidoluhur, Godean, Sleman, Yogyakarta yang bergerak di bidang pembuatan bahan bangunan khususnya membuat bata expose. Permasalahan pada produk bata expose yang sering terjadi di UD MTY yaitu retak permukaan, mudah tergerus (aus) dan mudah patah. Kecacatan tersebut bisa diatasi dengan menambahkan jumlah tanah sawah dan tanah gunung, akan tetapi penambahan ini akan meningkatkan biaya bahan baku. Oleh sebab itu perlu mencoba penggunaan bahan campuran yang lain yaitu abu sekam padi yang memiliki kandungan silica. Permasalahan diatas perlu diatasi dengan mengadakan suatu penelitian untuk mengidentifikasi penentuan kombinasi bahan pembuat bata expose dengan memanfaatkan abu sekam padi, sehingga dapat menghasilkan produk bata expose dengan kualitas yang lebih baik menggunakan desain eksperimen Taguchi. Faktor kendali dan level yang digunakan adalah faktor tanah sawah : tanah gunung sebanyak sebanyak 2:0,5 kg, 2,25:0,75 kg, 2,5:1 kg, faktor abu sekam padi sebanyak 0,5 kg, 0,75 kg, 1 kg, dan faktor air sebanyak 0,3 liter, 0,5 liter, 0,75 liter. Hasil penelitian setelah dilakukan pengolahan data dengan metode Taguchi dan level faktor optimal dari tabel respon menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kuat tekan adalah faktor tanah sawah : tanah gunung, dan faktor abu sekam padi. Hasil pengolahan data diperoleh kombinasi level faktor yang optimal adalah faktor A level 3 yaitu jumlah tanah sawah : tanah gunung sebanyak 2,5:1 kg, faktor B level 1 yaitu jumlah abu sekam padi sebanyak 0,5 kg, faktor C level 1 yaitu jumlah air sebanyak 0,3 liter. Berdasarkan hasil eksperimen konfirmasi diperoleh rata-rata kuat tekan sebesar 66,384 kg/cm 2 . Kata kunci : kualitas bata expose, kuat tekan, metode Taguchi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kualitas bata expose, kuat tekan, metode Taguchi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jun 2021 07:31
Last Modified: 18 Jun 2021 07:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25955

Actions (login required)

View Item View Item