PERANCANGAN ULANG ALAT PEMERATA SAWAH (GARU) PADA MESIN TRAKTOR TANGAN UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PEMERATAAN (Studi kasus di area lahan persawahan desa Curug kecamatan Ngombol)

Romadhon, Arif (2021) PERANCANGAN ULANG ALAT PEMERATA SAWAH (GARU) PADA MESIN TRAKTOR TANGAN UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PEMERATAAN (Studi kasus di area lahan persawahan desa Curug kecamatan Ngombol). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Petani di desa Curug memiliki sumber pemasukan dari padi, yaitu tanaman padi. Sebagian besar tanah yang dimiliki digunakan untuk lahan pertanian. Pemrosesan akhir adalah pemerataan menggunakan "garu". Pemerataan harus dilanjutkan dengan pemerataan manual karena disebabkan oleh keterbatasan "garu" dalam mencapai tepi sawah, sering "garu" yang masuk terlalu masuk ke dalam tanah dan operator berhenti untuk mengatur posisi di atas permukaan tanah dan akibatnya lama untuk proses pemerataan. Desain "garu" yang ada adalah posisi fixed sehingga cenderung mempertahankan posisinya dan tidak fleksibel . Kerusakan pada komponen tidak dapat dihindari yaitu rusak, terlepas las, komponen bengkok, dan aus pada sambungan. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung waktu pemrosesan sebelum dan sesudah desain. Desain Garu ”yang akan dibuat menggunakan metode Nigel Cross agar sesuai dengan kebutuhan petani dalam proses pemerataan. Keuntungan dari metode ini mencakup semua aspek dari proses desain mulai dari mengklarifikasi masalah hingga rincian desain. Alat Garu yang dirancang saat diimplementasi bekerja secara fleksibel. Dapat menyesuaikan ke permukaan tanah. Proses pemerataan dengan luas 256 meter persegi memerlukan waktu pemerataan yang lebih singkat dari sebelumnya yaitu, 22,79 menit menjadi1 6,07 menit.. Selisih waktu yang didapat mengurangi waktu pemerataan sebesar 6,09 menit. kata kunci, “Desain Garu, metode Nigel Cross, Pemerataan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:38
Last Modified: 18 Jun 2021 03:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item View Item