APLIKASI BERBAGAI DOSIS PUPUK KASCING DAN PERENDAMAN BENIH PADA AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L)

BUDIMAN, PRIAGUNG (2021) APLIKASI BERBAGAI DOSIS PUPUK KASCING DAN PERENDAMAN BENIH PADA AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI PRIAGUNG BUDIMAN (134150156).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembibitan memiliki peranan penting dalam budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat interaksi antara aplikasi berbagai dosis pupuk kascing dengan perendaman benih pada air kelapa, mengetahui kombinasi perlakuan yang tepat antara perendaman benih pada air kelapa dengan aplikasi berbagai dosis pupuk kascing untuk pertumbuhan bibit kakao, dan melihat perbedaan antara yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan (kontrol). Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktorial 2 x 4+1. Faktor pertama (A) air kelapa terdiri dua aras yaitu (A1) Air kelapa muda, (A2) Air kelapa tua. Faktor kedua (D) dosis pupuk kascing terdiri atas empat aras yaitu D1 = 17 g/polibag (8 ton/hektar), D2 = 21 g/polibag (10 ton/hektar), D3 = 25 g/polibag (12 ton/hektar), D4 = 29 g/polibag (14 ton/hektar), dan satu kontrol. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis keragamannya dengan menggunakan uji ANOVA 5%, bila terdapat pengaruh nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (Least Significant Difference/LSD) dengan taraf 5%. Untuk mengetahui perbedaan perlakuan dengan kontrol dilakukan dengan uji Contras Orthogonal dengan taraf 5%. Hasil penelitian tidak menunjukkan adanya interaksi antar perlakuan pada semua parameter. Perlakuan perendaman benih pada air kelapa muda dan air kelapa tua tidak menunjukkan beda nyata pada semua parameter. Aplikasi dosis pupuk kascing 25 g/polibag nyata lebih baik pada parameter tinggi bibit dan diameter batang. Kombinasi perlakuan nyata lebih baik dibandingkan kontrol pada semua parameter Kata kunci: pembibitan kakao, air kelapa, kascing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembibitan kakao, air kelapa, kascing.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:49
Last Modified: 18 Jun 2021 02:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25932

Actions (login required)

View Item View Item