PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN MOL (Mikroorganisme Lokal) REBUNG TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH REGOSOL DAN PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Handasari, Lisna Fitri (2021) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN MOL (Mikroorganisme Lokal) REBUNG TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH REGOSOL DAN PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan lisna fitri handasari.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
LISNA FITRI (draft skripsi) 220301 (2)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
LISNA FITRI (draft skripsi) 220301 (2)-dikonversi-72-77.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tanah Regosol umumnya mengandung unsur P dan K, kekurangan unsur N dan pH 6-7. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang sapi dan MOL rebung terhadap sifat kimia tanah Regosol dan pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa L.). Percobaan dilakukan di rumah kaca dengan menggunakan polybag. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor dan dilakukan 3 ulangan. Faktor pertama terdiri 4 perlakuan pupuk kandang yaitu 0, 5, 10, dan 15 ton/ha. Faktor kedua terdiri dari 4 perlakuan MOL dengan dosis 0, 10, 30, dan 50 ml/3 kg tanah. Parameter analisis kimia meliputi pH, C-Organik, N-total, P-tersedia, Ktersedia, , KPK, jumlah mikroba total, penambat N, pelarut P. Parameter pertumbuhan tanaman selada meliputi tinggi tanaman, berat segar dan berat kering tanaman. Untuk mengetahui pengaruh perlakuan, digunakan Sidik Ragam, apabila terdapat beda nyata dilakukan uji beda antar rerata perlakuan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan jenjang nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pupuk kandang sapi berpengaruh nyata dalam meningkatkan kadar N total, P tersedia, dan K tersedia. Mikroorganisme Lokal(MOL) rebung berpengaruh nyata dalam meningkatkan kadar N total, P tersedia, K tersedia regosol, tinggi tanaman, berat segar tanaman, dan berat kering tanaman. Kombinasi perlakuan penambahan pupuk kandang sapi dan Mikroorganisme Lokal (MOL) rebung berpengaruh nyata terhadap peningkatkan pH H2O, C organik, dan KPK Regosol. Perlakuan kombinasi yang paling baik pada peningkatan pH H2O, C organik, dan KPK tanah yaitu pada perlakuan pupuk kandang sapi 15 ton/ha dan Mikroorganisme Lokal (MOL) Rebung 50 ml/polibag (K3M3). Kata Kunci :Pupuk Kandang Sapi, Tanah Regosol, MOL, Tanaman Selada

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pupuk Kandang Sapi, Tanah Regosol, MOL, Tanaman Selada
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:32
Last Modified: 18 Jun 2021 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25930

Actions (login required)

View Item View Item