ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATIFACTION INDEX (CSI) (Studi Kasus di PO Putra Remaja, Yogyakarta)

Muhtarom, M.Benny (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATIFACTION INDEX (CSI) (Studi Kasus di PO Putra Remaja, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

PO.Putra Remaja merupakan salah satu Perusahaan Otobis penyedia jasa angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), yang terletak di Gamping, Sleman, Yogyakarta. Data perusahaan menyebutkan bahwa terjadi penurunan jumlah penumpang pada kuartal terakhir 2018. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa konsumen belum merasa puas atas pelayanan yang diberikan, diantaranya mengenai interior bis yang kurang nyaman untuk melakukan perjalanan jauh serta tarif yang masih terasa mahal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara memperbaiki kualitas layanan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menaikkan tingkat kepuasan pelanggan PO. Putra Remaja khususnya pengguna trayek Yogyakarta ke Jambi yang berada di Yogyakarta. Dalam penelitian ini metode yang digunakan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk menempatkan atributatribut ke dalam diagram kartesius. Prioritas perbaikan diketahui dengan menggunakan indeks Potensial in Gain Customer Value (PGCV). Kepuasan pelanggan secara keseluruhan dicari menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), selanjutnya dilakukan simulasi dengan dua skenario untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peningkatan kepuasan pelanggan. Skenario I memperbaiki kuadran A dan skenario II memperbaiki kuadran A dan C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kepuasan pelanggan dari cukup bagus menjadi bagus apabila dilakukan perbaikan kualitas layanan berdasarkan skenario II. Tingkat kepuasan pelanggan yang sebelumnya 73,69% setelah dilakukan perbaikan sesuai skenario II maka kepuasan pelanggan meningkat menjai 83,60%. Kata kunci : kepuasan pelanggan, kualitas layanan, IPA, PGCV, CSI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:27
Last Modified: 18 Jun 2021 02:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25929

Actions (login required)

View Item View Item