PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE CONTINOUS REVIEW BERBASIS DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) (Studi kasus di CV Dewi Makmur Tegal Kenanga, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul)

Widananto, Martinus Galih (2019) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE CONTINOUS REVIEW BERBASIS DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) (Studi kasus di CV Dewi Makmur Tegal Kenanga, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Martinus Galih Widananto 122160053_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

CV Dewi Makmur merupakan produsen teh herbal di Yogyakarta yang memproduksi berbagai jenis teh herbal. Data permintaan teh herbal pada Januari 2017- Desember 2019 menunjukkan nilai yang sangat berfluktuasi. Hal ini berdampak pada biaya terkait produksi, proses produksi, dan hubungan konsumen. Selain itu, pencatatan yang masih manual juga tempat yang kurang luas menyebabkan terhambatnya proses pencatatan produksi. Kapasitas ruangan yang tidak terlalu luas menyebabkan dokumen terselip dan pencatatan kadang terlupakan. Penelitian ini menerapkan model continuous review dalam menyelesaikan permasalah persediaan dan membangun sistem informasi database dan DSS (Decision Support System) untuk menghindari pencatatan yang keliru dan membantu sistem persediaan. Model persediaan continuous review memiliki karakteristik yang serupa dengan perusahaan karena bahan baku perusahaan merupakan bahan baku yang tidak tahan lama. Jumlah bahan baku dan produk optimal dapat membantu proses produksi dan pemenuhan permintaan. Selain itu, sistem basis data membantu dalam proses produksi dan pengawasan bahan baku. Perusahaan dapat menerapkan sistem conitnous review dengan total persediaan masing masing teh herbal kulit manggis, teh herbal rosela, teh herbal jati cina, dan teh herbal sarang semut adalah Rp6,190,120.31, Rp12,270,289.59, Rp12,594,459.63, dan Rp10,664,839.50, Kata kunci: pengendalian persediaan, DSS, continuous review, database

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengendalian persediaan, DSS, continuous review, database
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jun 2021 08:26
Last Modified: 16 Jun 2021 08:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25894

Actions (login required)

View Item View Item