STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI BENIH PADI DALAM PROGRAM 1.000 DESA MANDIRI BENIH DI DESA TAMBALAN KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL

ROCHIM, BINTARI (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI BENIH PADI DALAM PROGRAM 1.000 DESA MANDIRI BENIH DI DESA TAMBALAN KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Tesis.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Tesis 2021.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract Tesis.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN TIM PENGUJI.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan : 1. Menganalisis pengelolaan produksi benih padi, 2. Menganalisis kemandirian dalam pengembangan usaha produksi benih padi, 3. Menganalisis strategi pengembangan usaha produksi benih padi dalam mendukung program 1000 DMB. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode studi kasus. Penentuan lokasi dan responden penelitian ditentukan secara purposive. Penelitian dilaksanakan di kelompok tani Manunggal Desa Tambalan Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul, pada bulan November – Desember 2020. Responden penelitian terdiri pengurus penangkar benih, pengurus sarana dan prasarana serta anggota penangkar benih Kelompok Tani Manunggal. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, focus group discussion, observasi dan dokumentasi. Analisis pengelolaan dan kemandirian dilakukan dengan metode deskriptif mengacu pada kegiatan program 1000 DMB. Sedangkan analisis strategi pengembangan usaha dilakukan dengan menggunakan matriks Internal-Eksernal, matriks SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan : 1.Pengelolaan pada dimensi pengawasan nilai indeks persentase 42,0% dan kriteria pengelolaan dijalankan baik indeks persentase 68,88%, 2. Tingkat kemandirian tertinggi pada dimensi intelektual nilai indeks persentase 39,60% dan kriteria kemandirian dijalankan cukup baik dengan indeks persentase 58,88%, 3.Strategi pengembangan usaha produksi benih padi dalam mendukung program 1000 DMB dengan strategi prioritas yaitu penetrasi pasar dengan memperbesar pertumbuhan pasar yang ada (existing fix market ). Kata kunci: Pengelolaan, Kemandirian, Strategi, Program 1000 DMB.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kemandirian, Strategi, Program 1000 DMB.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:44
Last Modified: 15 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25862

Actions (login required)

View Item View Item