PREDIKSI KEBUTUHAN BAHAN PRODUKSI SAMPUL RAPORT DAN BIAYA PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING (Studi Kasus: CV. ALYA DIGITAL PRINTING)

EKAPUTRA, GALIH GUMILANG (2021) PREDIKSI KEBUTUHAN BAHAN PRODUKSI SAMPUL RAPORT DAN BIAYA PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING (Studi Kasus: CV. ALYA DIGITAL PRINTING). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-Galih-Gumilang-Ekaputra-123160033.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-Galih-Gumilang-Ekaputra-123160033.pdf

Download (7MB)

Abstract

Idealnya sebuah perusahaan pastinya akan mengalami penumpukan data pembelian dan data penjualan barang. Penumpukan tersebut menghambat perusahaan untuk melakukan sebuah kegiatan, akan tetapi dengan terjadinya penumpukan dapat membuat perusahaan menambah atau meningkatkan daya saing perusahaan untuk tetap bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Salah satu upaya perusahaan untuk tetap bersaing yang harus diperhatikan yaitu ketersediaan barang dan kebutuhan biaya produksi.
CV. Alya Digital Printing adalah sebuah perusahaan swasta yang berkedudukan di Kab.Bone, Sulawesi Selatan. Perusahaan ini bergerak dalam bidang percetakan offset yang menawarkan pelayanan untuk berbagai jenis cetakan. Tetapi pada tahun 2016 perusahaan ini fokus untuk melayani cetakan sampul raport saja dikarenakan pada tahun 2016 Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Bone baru menggunakan sampul raport K13 yang dulunya masih menggunakan raport kurikulum lama. Dengan baru digunakannya sampul raport K13 di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bone baik itu SD, SMP dan SMA menyebabkan banyaknya orderan sampul raport yang diterima oleh percetakan ini.
Oleh karena itu penelitian ini menerapkan konsep data mining yang digunakan untuk mengambil keputusan dengan menggunakan metode Double Exponential Smoothing menggunakan liniear satu parameter dari Brown dengan menggunakan tiga aspek metode kesalahan prediksi untuk meningkatkan validitas hasil prediksi.
Hasil pengujian Mean Absolute Percentage Eror (MAPE) dari jenis maupun bahan yang diprediksikan baik itu rapor SD, rapor SMP dan rapor SMA hasil yang diperoleh dapat dikategorikan sangat baik dikarenakan memiliki nilai MAPE dibawah 10 % sehingga metode Double Exponential Smoothing cocok untuk masalah prediksi kebutuhan bahan produksi dan kebutuhan biaya produksi.
Kata Kunci : Prediksi, percetakan, Double Exponential Smoothing

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prediksi, percetakan, Double Exponential Smoothing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:57
Last Modified: 22 Jun 2022 03:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25794

Actions (login required)

View Item View Item