PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK (15:15:15) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT(Lycopersicum esculantum Mill)

Inayah, Tutik (2021) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK (15:15:15) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT(Lycopersicum esculantum Mill). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Buah tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat dikenal oleh masyarakat. Rasa buah tomat adalah manis-manis segar yang dapat memberikan kesegaran pada tubuh. Penelitian bertujuan menentukan interaksi terbaik antara komposisi media tanam dengan dosis pupuk NPK (15:15:15) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat, menentukan komposisi media tanam yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat, menentukan dosis pupuk NPK (15:15:15) yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2020- Juni 2020 di kebun Wedomartani Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta. Metode penelitian adalah penelitian lapangan yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu komposisi media tanam M1= Tanah: Pupuk Kotoran Sapi (1:1), M2= Tanah: kompos: Arang Sekam Padi (2:1:1), M3= Tanah: Pupuk Kotoran Sapi: Arang Sekam Padi (2:1:1). Faktor kedua yaitu dosis pupuk NPK (15:15:15) (P1) 15 g/ tanaman,(P2) 20 g/ tanaman dan (P3) 25 g/ tanaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman (Anova) pada taraf 5%. Analisis tambahan digunakan untuk menguji faktorial dengan kontrol menggunakan kontras ortogonal, jika terdapat perbedaan yang signifikan dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf uji 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara perlakuan komposisi media tanam dengan dosis pupuk NPK. Media tanam pada ketiga perlakuan memberikan pengaruh yang sama. Dosis pupuk NPK dengan dosis 25 gram/ tanaman memberikan pengaruh paling baik pada parameter jumlah buah, dan berat total panen/ tanaman.
Kata kunci : komposisi media tanam, pupuk NPK (15:15:15), hasil tomat

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komposisi media tanam, pupuk NPK (15:15:15), hasil tomat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:48
Last Modified: 11 Jan 2023 01:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25793

Actions (login required)

View Item View Item