LOGIKA DALAM MEMPRODUKSI PESAN-PESAN ISLAMI PADA AKUN INSTAGRAM @QURANREVIEW

Lail, Hikma Nuansa (2020) LOGIKA DALAM MEMPRODUKSI PESAN-PESAN ISLAMI PADA AKUN INSTAGRAM @QURANREVIEW. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf]
Preview
Text
Cover_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf]
Preview
Text
Abstrak_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153160129_Hikma Nuansa Lail.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lima puluh empat persen penduduk Indonesia yang beragama Islam mengalami
buta huruf Alquran. Hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman Muslim
mengenai pedoman hidupnya. Instagram sebagai media sosial yang sering
digunakan menjadi salah satu media yang banyak membahas tentang Alquran.
Akun @quranreview adalah akun yang menyampaikan pesan dengan tema-tema
dalam Alquran secara berbeda, karena mengaitkan Alquran terhadap film, lagu,
dan konten yang trending menggunakan bahasa yang dekat dengan generasi
milenial. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui logika dalam
memproduksi pesan pada akun Instagram @quranreview. Metode yang digunakan
yaitu fenomenologi, jenis kualitatif dengan studi deskriptif, yang dianalisis
menggunakan teori logika pesan dari Barbara O’Keefe dan teori perencanaan dari
Charles Berger. Teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Angga Ashari sebagai content creator
memproduksi pesan dengan tema-tema dalam Alquran dominan menggunakan
logika retorika karena Angga mengarahkan generasi milenial untuk tertarik
mempelajari Alquran. Logikanya bahwa Alquran itu mudah dan menyenangkan
untuk dipelajari. Dalam proses menemukan logika itu juga terdapat faktor
pendukung dan faktor penghambat.
Kata Kunci: Alquran, @quranreview, produksi logika pesan, generasi milenial

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alquran, @quranreview, produksi logika pesan, generasi milenial
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:41
Last Modified: 15 Jun 2021 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25778

Actions (login required)

View Item View Item