KAJIAN SIFAT FISIK TANAH MANGROVE DI KAWASAN MUARA SUNGAI BOGOWONTO DESA JANGKARAN KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO DIY

Faezatiy, Lulu Ayu (2021) KAJIAN SIFAT FISIK TANAH MANGROVE DI KAWASAN MUARA SUNGAI BOGOWONTO DESA JANGKARAN KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO DIY. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRACT-LULU AYU F-134160159.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT-LULU AYU F-134160159.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of COVER skripsi.pdf]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Draft-Skripsi-full-Lulu-Ayu-Faezatiy-fix--134160159-.pdf] Text
Draft-Skripsi-full-Lulu-Ayu-Faezatiy-fix--134160159-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muara Sungai Bogowonto merupakan kawasan pesisir pantai dengan tingkat abrasi dan genangan air yang tinggi karena dipengaruhi oleh aktivitas air sungai dan energi air laut Samudra Hindia di bagian selatan, sedangkan di bagian utara terdapat permukiman warga. Terdapat ekosistem mangrove yang penting di wilayah pesisir untuk mencegah erosi dan abrasi pantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisik tanah serta mengidentifikasi jenis mangrove yang tumbuh di kawasan muara Sungai Bogowonto, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, dengan pengambilan sampel menggunakan zig-zag yang diambil dari kiri dan kanan sungai yang terdiri dari sampel terusik dan tidak terusik, untuk masing-masing titik ada dua lapisan, 0-20 cm dan 20-40 cm. Selanjutnya sampel tanah penelitian dianalisis dilaboratorium Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan BPTP Yogyakarta. Parameter yang dianalisis yaitu tekstur, permeabilitas, pH (H2O dan KCl), BV, BJ, pengamatan jenis mangrove serta kematangan tanah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa area penelitian memiliki tekstur pasir, lempung pasiran, pasir lempungan, dan lempung. Permeabilitas sedang, DHL 192-239 μS/cm, pH H2O 6,0-6,6 KCl 5-7, BV 0,84-1,74 g/cm3 dan BJ 1,90-2,90 g/cm3 serta kematangan tanah tergolong matang. Ditemukan 2 jenis mangrove di area penelitian yaitu jenis Mangrove Tancang (Bruguiera sp) tumbuh dikawasan jauh dari garis pantai, didominasi tekstur lempung, pH relatif stabil, dan memiliki tingkat salinitas yang rendah. Jenis Api-api (Avicennia sp) tumbuh di kawasan dekat dari garis pantai yang didominasi tekstur lempung pasiran, dengan pH rendah-normal, serta memiliki tingkat salinitas tinggi.
Kata kunci: Mangrove, Muara Sungai Bogowonto, Sifat Fisik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mangrove, Muara Sungai Bogowonto, Sifat Fisik.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:48
Last Modified: 16 Jan 2023 01:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25598

Actions (login required)

View Item View Item