ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA PADA MEDIA TELEVISI MENGGUNAKAN MODEL AIDA (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Upn ”Veteran” Yogyakarta Angkatan 2017 dan 2018)

Pangestu, Roh Maryadi Agung (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA PADA MEDIA TELEVISI MENGGUNAKAN MODEL AIDA (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Upn ”Veteran” Yogyakarta Angkatan 2017 dan 2018). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1.Cover.pdf]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 2.halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.halaman pengesahan.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 3.Daftar isi.pdf]
Preview
Text
3.Daftar isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 4.Abstrak.pdf]
Preview
Text
4.Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 5.Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
5.Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 6.Skripsi-Full-PDF-Agung-Pangestu.pdf] Text
6.Skripsi-Full-PDF-Agung-Pangestu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Roh Maryadi Agung Pangestu, Nomor Mahasiswa 152140135, Program Studi
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Analisis
Efektivitas Iklan Tokopedia dengan Media televisi Menggunakan Model
AIDA”(Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta
Angkatan 2017-2018) 2021 . Dosen Pembimbing I Dr. Susanta, M.Si dan Dosen
Pembimbing II Dr. Meilan Sugiarto, S.SOS.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektifkah iklan tokopedia di
media televisi di Indonesia dengan menggunakan metode AIDA (Attention,
Interest, Desire, Action). Penelitian menggunakan tipe explaratory dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Jurusan Administrasi Bisnis angkatan
2017-2018 yang pernah menonton iklan tokopedia di televisi. Ukuran sampel pada
penelitian ini 157 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah
Non-probability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata AIDA dari jawaban 157 responden
didapatkan dari skor rata-rata setiap butir variabel dimana tahap attention terdapat
skor rata-rata sebesar 3,8, tahap interest 3,8, tahap desire 3,8 dan tahap action 3,7
serta didapatkan skor rata-rata keseluruhan AIDA sebesar 3,7 berada pada
rentang skala 3,41 – 4,20 yaitu efektif.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, Menurut hasil penelitian
menggunakan AIDA iklan Tokopedia melalui media televisi berada pada rentang
skala efektif menarik respon responden untuk menggunakan Tokopedia sebagai
situs belanja online mereka. Jadi kesimpulannya iklan Tokopedia terbukti efektif
dalam menyakinkan responden hingga melakukan action.
Kata Kunci : Iklan, Efektivitas Iklan,Tokopedia, dan Model AIDA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Efektivitas Iklan,Tokopedia, dan Model AIDA.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:49
Last Modified: 09 Jan 2023 03:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25592

Actions (login required)

View Item View Item