DESAIN PELAKSANAAN STIMULASI MATRIX ACIDIZING PADA SUMUR DS-01 LAPANGAN SATITI

SATITI, DWISTHI (2021) DESAIN PELAKSANAAN STIMULASI MATRIX ACIDIZING PADA SUMUR DS-01 LAPANGAN SATITI. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL-94-95(1).pdf] Text
SKRIPSI FULL-94-95(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Sumur DS-01 adalah salah satu sumur yang berada pada Lapangan Satiti yang termasuk dalam Cekungan Jawa Barat Utara. Lapisan produktif sumur DS-01 terletak pada formasi Parigi yang memiliki interval kedalaman 1981-1985 mMD, dimana batuan reservoir merupakan dominasi batu gamping sisipan dolomite. Berdasarkan pengolahan data uji produksi yang telah dilakukan didapatkan sejumlah kerusakan formasi dengan diketahuinya faktor skin sebesar +2,2 akibat dari kegiatan pemboran/komplesi sumur. Dengan pertimbangan yang telah dijelaskan, perlu dilakukannya stimulasi matrix acidizing untuk memperbaiki kondisi formasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas sumur DS-01. Oleh karena itu diperlukan sebuah desain sebelum akan dilakukannya kegiatan stimulasi matrix acidizing pada sumur DS-01.
Proses pengerjaan skripsi ini diawali dengan pengumpulan data yang diperlukan, antara lain data sumur, data reservoir, data produksi dan data geologi regional untuk mendasari pemilihan metode stimulasi yang tepat yaitu matrix acidizing. Setelah metode ditentukan, menentuan pilihan asam dan aditif yang akan digunakan. Penentuan asam dan aditif disesuaikan dengan mineral penyusun batuan. Dilanjutkan dengan perhitungan desain matrix acid yang meliputi gradien rekah formasi, tekanan rekah formasi, tekanan injeksi asam, laju injeksi asam dan volume injeksi asam. Analisa desain berdasarkan produktivitas rasio, faktor skin, dan kurva inflow performance relationship. Dari ketiga parameter akan mendapat kesimpulan apakah terdapat perbaikan formasi dan peningkatan produktivitas jika desain diterapkan.
Desain penginjeksian asam sumur DS-01 menggunakan HCL 15 % sebagai main treatment. Berdasarkan hasil perhitungan desain matrix acid diperoleh gradien tekanan rekah formasi sebesar 0,63 psi/ft, tekanan rekah formasi sebesar 4017,93 psia. Tekanan injeksi pompa di permukaan sebesar 834,7 psia dengan laju injeksi sebesar 0,16 bpm menggunakan metode Boyun Guo. Jika menggunakan metode William et al menghasilkan tekanan injeksi pompa di permukaan sebesar 1034,52 psia dengan laju injeksi asam sebesar 0,11 bpm. Untuk perhitungan volume main treatment asam yang dibutuhkan menggunakan metode William et al sebesar 266,4 gall. Analisa kenaikan produktivitas pada sumur DS-01 menghasilkan PI yang sebelumnya 0,25 bpd/psi menjadi 0,81 bpd/psi, faktor skin yang sebelumnya +2,2 menjadi -1,43 serta pada kurva inflow performance relationship mengindikasikan adanya peningkatan produktivitas pada Sumur DS-01 jika melakukan stimulasi matrix acidizing.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: DESAIN PELAKSANAAN STIMULASI MATRIX ACIDIZING
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:44
Last Modified: 09 Jan 2023 02:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25591

Actions (login required)

View Item View Item