IDENTIFIKASI PROBLEM LIQUID LOADING PADA SUMUR GAS LAPANGAN “FDR” MENGGUNAKAN DATA PRODUKSI

RASYIDA, FIQA DITYA (2021) IDENTIFIKASI PROBLEM LIQUID LOADING PADA SUMUR GAS LAPANGAN “FDR” MENGGUNAKAN DATA PRODUKSI. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak Skripsi.pdf]
Preview
Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of Cover Skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of Draft-Skripsi-Fiqa-Ditya-Rasyida-113160138.pdf] Text
Draft-Skripsi-Fiqa-Ditya-Rasyida-113160138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Seiring dengan berjalannya proses produksi, sumur gas akan mencapai suatu keadaan dimana rate gas yang diproduksi tidak mampu lagi mengangkat liquid dalam bentuk mist flow, sehingga fraksi liquid akan jatuh kebawah dan terakumulasi di dasar sumur sehingga menyebabkan backpressure pada formasi meningkat. Hal ini menyebabkan penurunan produksi gas dan naiknya produksi air yang sangat drastis sehingga apabila didiamkan dapat menyebabkan sumur menjadi mati.
Dalam menyelesaikan permasalahan dilakukan perhitungan manual menggunakan Microsoft Excel dan software PIPESIM 2009. Untuk menyelesaikan identifikasi diperlukan data reservoir, data konstruksi sumur, dan juga data produksi harian setiap sumur. Pertama-tama melakukan analisa pada grafik performance production yang dibuat berdasarkan data produksi harian setiap sumur untuk melihat perilaku sumur. Setelah itu membuat model single branch setiap sumur dan melakukan history matching setiap model yang dibuat berdasarkan pada data produksi 31 Desember 2019. Kemudian melakukan analisa pressure survey dari model yang sudah dibuat untuk mengetahui ada tidaknya liquid melalui perbedaan gradient fluida didalam sumur. Setelah itu melakukan analisa water break through menggunakan metode Chan Plot dan Y-Plot untuk mengetahui sumber liquid dan waktu terjadinya water break through. Langkah terakhir adalah melakukan perhitungan laju kritis menggunakan perhitungan dan simulasi untuk mendapatkan laju alir minimum untuk mengangkat liquid ke permukaan dan metode tambahan untuk mempermudah pengangkatan liquid ke permukaan.
Hasil identifikasi liquid loading menggunakan data performance production menunjukkan bahwa terdapat indikasi adanya liquid loading pada kelima sumur yang ditandai dengan naiknya trend produksi air, turunnya trend produksi gas, dan terdapat periode dimana sumur tidak berproduksi untuk beberapa saat. Hasil analisa pressure survey yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat akumulasi liquid di dasar sumur pada ketinggian yang berbeda-beda. Hasil analisa water breakthrough menunjukkan pada metode Chan plot didapatkan hasil diagnostic plot pada kelima sumur menunjukkan adanya near wellbore water channelling, sedangkan pada metode Y-Plot menunjukkan waktu terjadinya water breakthrough masing-masing sumur. Hasil analisa nodal yang dilakukan pada masing-masing sumur menunjukkan bahwa laju alir produksi gas kelima sumur masih berada diatas laju alir kritis terhadap air, yang mana hal ini sebenarnya menandakan bahwa gas yang diproduksi oleh sumur masih mampu memproduksi air dalam bentuk mist flow.
Pengangkatan liquid dari dalam lubang sumur dapat dilakukan dengan menginjeksikan Nitrogen dan juga metode foaming sehingga produksi gas menjadi lebih maksimal dan liquid juga ikut terproduksi ke permukaan sehingga tidak menghambat produksi gas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: IDENTIFIKASI PROBLEM LIQUID LOADING
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 May 2021 02:05
Last Modified: 08 Nov 2022 07:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25541

Actions (login required)

View Item View Item