PENENTUAN PRODUKTIVITAS SUMUR MINYAK BERDASARKAN ANALISA PRESSURE BUILD-UP (PBU) PADA SUMUR “AW” LAPANGAN AWM MENGGUNAKAN SIMULATOR

MURNADI, ADITYA WINANDA (2021) PENENTUAN PRODUKTIVITAS SUMUR MINYAK BERDASARKAN ANALISA PRESSURE BUILD-UP (PBU) PADA SUMUR “AW” LAPANGAN AWM MENGGUNAKAN SIMULATOR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI ADITYA WINANDA.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI ADITYA WINANDA.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI ADITYA WINANDA MURNADI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ADITYA WINANDA MURNADI.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (864kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN ADITYA WINANDA.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN ADITYA WINANDA.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-ADITYA-WINANDA-MURNADI-113160091.pdf] Text
SKRIPSI-ADITYA-WINANDA-MURNADI-113160091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sumur “AW”, Lapangan “AWM” merupakan sumur eksplorasi atau “wild cat” yang tentunya perlu dibuktikan apakah sumur benar mengandung hidrokarbon serta bagaimana tingkat produktivitasnya. Analisa uji tekanan sangat perlu dilakukan guna mengetahui parameter produktivitas sumur seperti laju alir, skin, productivity index, flow efficiency serta diketahui pula kemampuan formasi berproduksi dengan grafik IPR (Inflow Performance Relationship) dan laju Optimum (Qoptimum) yang dapat di hasilkan oleh sumur tersebut. Pada penulisan skripsi ini analisa data uji tekanan dengan metode pressure build up secara menggunakan simulator Ecrin v4.02. Pelaksanaan Pressure Build – Up dilakukan dengan memproduksi sumur dengan laju alir tetap (konstan) selama suatu selang waktu tertentu, kemudian menutup sumur tersebut. Penutupan sumur ini menyebabkan naiknya tekanan yang dicatat sebagai fungsi waktu. Tahapan – tahapan analisa Pressure Build – Up dengan menggunakan simulator Ecrin v4.02 adalah persiapan data pendukung seperti data produksi (tp, qo, rw, Pwf), data reservoir (h, Ø), data PVT (μ, Bo, Ct), dan data PBU (Pws, t), kemudian data yang telah disiapkan diiunput pada simulator Ecrin v4.02. Berdasarkan simulator Ecrin v4.02, dihasilkan grafik history plot, log – log plot, dan grafik semilog plot. Berdasarkan ketiga grafik tersebut, dianalisa parameter-parameter reservoir untuk menentukan kemampuan produktivitas sumur. Kemudian di lanjutkan dengan menggunakan simulator Pipesim dengan cara menggunakan data tubbing dan data PVT dari yang di hasilkan dari simulator Ecrin v4.02 untuk menentukan Laju Optimum yang dapat di hasilkan dari sumur tersebut.
Hasil analisa Pressure Build – up test pada sumur “AWM” menggunakan simulator Ecrin v4.02 didapatkan tekanan dasar sumur sebesar 147 psia, laju alir minyak sebesar 250 BOPD, konstanta wellbore storage sebesar 0,54 BBL/psi, slope sebesar 235,545 psi, tekanan reservoir adalah 1110,5 psia, permeabilitas efektif minyak 3,63 mD, transmisibilitas 152 mD.ft, harga skin sebesar -4,6, penurunan tekanan akibat skin adalah 941,5 psia, flow efficiency sebesar 1,97, radius to boundary sebesar L1=4470 L2=1060 ft, dan productivity index sebesar 0,25 BBL/D/psia, serta didapatkan model reservoir homogen dan boundary reservoir one faults. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui sumur memiliki PI yang cukup tinggi dikarenakan besarnya nilai permeabilitas. Hasil analisa potensi sumur menggunakan metode IPR Vogel kombinasi dua fasa dengan laju alir sebesar 250 BOPD dan tekanan dasar sumur sebesar 147 psia menghasilkan harga Qomax sebesar 267,5 BOPD. Selanjutnya yang didapatkan oleh Simulator Pipesim adalah dengan ukurang tubing 2.441 dimana menghasilkan Qoptimum atau Laju optimum sumur tersebut Sebesar 170,8 STB/D
vi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: skripsi ini analisa data uji tekanan dengan metode pressure build up secara menggunakan simulator Ecrin v4.02.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 May 2021 04:52
Last Modified: 08 Dec 2022 07:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25426

Actions (login required)

View Item View Item