PERAMALAN RENTAL SCAFFOLDING UNTUK MENGANTISIPASI LONJAKAN PERMINTAAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING BERBASIS WEB (STUDI KASUS: CV.NUTAMA GRAHINDO SCAFFOLDING)

Ageng P, G.Handana (2021) PERAMALAN RENTAL SCAFFOLDING UNTUK MENGANTISIPASI LONJAKAN PERMINTAAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING BERBASIS WEB (STUDI KASUS: CV.NUTAMA GRAHINDO SCAFFOLDING). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1 Cover (1).pdf]
Preview
Text
1 Cover (1).pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (1).pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-123140047.pdf] Text
SKRIPSI-123140047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Scaffolding adalah bangunan peralatan (platform) yang dibuat untuk sementara dan digunakan sebagai penyangga tenaga kerja, bahan-bahan serta alat-alat pada setiap pekerjaan konstruksi bangunan termasuk pekerjaan pemeliharaan dan pembongkaran. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa perentalan scaffolding memiliki data pergerakan keluar dan masuk yang sangat random sehingga tidak bisa ditentukan akan ada pembangunan atau tidak. Kurangnya pemberitahuan lebih dini akan adanya lonjakan menghambat dalam mengambil keputusan akan memenuhi permintaan dengan scaffolding sendiri atau meminjam ke kompetitor.
Pada penelitian ini menggunakan metode Double Exponential Smoothing untuk meramalkan rental scaffolding baik barang masuk ataupun keluar atau yang disebut dua arah, dengan metode Metode ini digunakan ketika data menunjukkan adanya trend. Double Exponential Smoothing lebih cocok untuk membaca trend naik dan turun. Dalam perentalan Scaffolding memiliki waktu-waktu tertentu dimana permintaan rental dapat tinggi atau rendah pada suatu waktu dengan menganalisis sejarah data-data transaksi keluar dan masuk scaffolding maka akan dapat dilihat trend-nya dan metode DES memanfaatkan trend sebagai data utama perentalan maka dapat dilakukan peramalan.
Hasil dari rata-rata MAPE masuk yaitu 16,6936111% dan keluar yaitu 11,793% jadi untuk peramalan dua arah yaitu dengan nilai MAPE 14,243%. Hasil akhirnya adalah peramalan dua arah dengan metode Double Exponential Smoothing masih tergolong baik.
Kata kunci: Double Exponential Smoothing, Scaffolding, Perentalan, Forecast

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Double Exponential Smoothing, Scaffolding, Perentalan, Forecast
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:06
Last Modified: 11 Jan 2023 07:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item