PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU CALCIUM CARBONAT DENGAN MENGUNAKAN EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) DENGAN EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS PADA PABRIK CAT CV BIOINDUSTRIES YOGYAKARTA)

IRAWAN, DEDI (2019) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU CALCIUM CARBONAT DENGAN MENGUNAKAN EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) DENGAN EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS PADA PABRIK CAT CV BIOINDUSTRIES YOGYAKARTA). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul Tesis.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Pengendalian persediaan bahan baku adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah kekurangan atau kelebihan dalam persediaan bahan baku dalam industri. Kebijakan pengendalian persediaan akan berpengaruh terhadap performa kinerja perusahaan dalam mengatur persediaan bahan baku dan meminimalisir biaya pengadaan bahan baku. Konsep utama dalam pengendalian persediaan bahan baku adalah besarnya jumlah pemesanan, jumlah stock dan waktu pemesanan yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah pemesanan, frekuensi pemesanan, safety stock, re order point dan cost inventory. Serta mengetahui biaya persediaan yang paling minimal dalam persediaan pada CV.Bioindustri Yogyakarta dengan Economic Order Quantity dan exponensila smoothing untuk peramalan. Pengolahan data mengunakan data perusahaan, data pengunaan bahan data pembelian material, data biaya pesan dan penyimpanan. Berdasarkan pengolahan data dan analisis bahwa metode Economic Order Quantity yang digunkan untuk mengolah data CV.Bioindustri harus disertai dengan stock actual, kapasitas muatan dalam distribusi bahan baku, pengecekan kemampuan pemenuhun kebutuhan secara berkala. Dari hasil perhitungan secara biaya lebih murah dari persediaan konvensional perusahaan tetapi frekuensi pemesanan terlalu banyak dan akan membuat management terbebani dengan order terlalu sering Bersadarkan perhitungan pengendalian persediaan data CV.Bioindustri dan data yang diolah mengunkan EOQ dengan hasil total biaya pemesanan perusahaan sebesar Rp.32.199,36 dan total biaya dari perhitungan EOQ sebesar Rp.29.956,08 sehingga lebih hemat 1,73% mengunakan perhitungan EOQ. Kata kunci : EOQ, Efisiensi biaya, jumlah order ekonomis

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: EOQ, Efisiensi biaya, jumlah order ekonomis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:51
Last Modified: 21 Apr 2021 03:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25282

Actions (login required)

View Item View Item