PERAN UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES (UNHCR) DALAM MEMBANTU PENGUNGSI KORBAN BOKO HARAM DI NEGARA SEKITAR NIGERIA

IBRAHIM, ARYA DENNY (2021) PERAN UNITED NATIONS HIGH COMMISSIONER FOR REFUGEES (UNHCR) DALAM MEMBANTU PENGUNGSI KORBAN BOKO HARAM DI NEGARA SEKITAR NIGERIA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Isu pengungsi Nigeria sebenarnya bukanlah isu yang baru baru saja terjadi. Namun konflik pemerintah dengan kelompok teroris Boko Haram membuat warga Nigeria mau tidak mau meninggalkan negara yang mereka cintai utnuk mencari tempat yang lebih aman untuk melanjutkan hidup. Peristiwa Chibok pada tahun 2014 menjadi awal terjadinya pergerakan besar – besaran pengungsi Nigeria untuk meninggalkan negara mereka menuju negara sekitar Nigeria seperti Kamerun, Chad dan Niger. Akibat jumlah pengungsi yang semakin bertambah dan perhatian internasional sedang terpusat pada kasus Boko Haram di Nigeria, UNHCR selaku utusan langsung PBB yang menangani pengungsi terjun langsung menuju ketiga negara tujuan para pengungsi. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan teori organisasi internasional. Sedangkan metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data sekunder. Dari pembahasan maka dapat diketahui bahwa peran UNHCR adalah sebagai instrumen sebuah negara karena UNHCR melakukan tugasnya tanpa menganggu kedaulatan sebuah negara. Selama membantu para pengungsi banyak kegiatan yang dilakukan UNHCR antara lain berada di sektor proteksi, kesehatan, pendidikan, pangan, keterampilan, dan logistik untuk menunjang kehidupan para pengungsi dan menjadikan mereka pengungsi yang mandiri apabila suatu saat mereka sudah siap meninggalkan tempat pengungsian.
Kata kunci, UNHCR, pengungsi, Boko Haram

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: UNHCR, pengungsi, Boko Haram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:15
Last Modified: 16 Jan 2023 02:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item View Item