IHSAN, IQBAL NUR (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL EMERSIA MALIOBORO JOGJA DALAM MENARIK MINAT PELANGGAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAKK.pdf Download (95kB) | Preview |
Preview |
Text
cover skripsi.pdf Download (242kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHA1.pdf Download (301kB) | Preview |
Text
SKRIPSI IQBAL NUR IHSAN 153160188-109-111.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
Abstract
Hotel Emersia Malioboro Jogja memiliki strategi komuniksi pemasaran untuk
mempromosikan produk dan layanan hotel sehingga mampu meraih pelanggan.
Fenomena strategi setelah pergantian nama menjadi Hotel Emersia Malioboro
Jogja pihak marketing hotel berinovasi dengan meningkatkan pelanggan dari segi
pelayanan dan membuat strategi baru yaitu, bekerja sama dengan pihak travel
diberbagai kota dan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini dengan
menggunakan OTA (Online Travel Agent). Rumusan masalah dalam penelitian
adalah Bagaimana proses strategi komunikasi pemasaran Hotel Emersia
Malioboro Jogja dalam menarik minat pelanggan untuk menginap di Hotel
Emersia Malioboro Jogja. Penelitian dilakukan secara deskriptif dan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil dan kesimpulan penelitian Hotel Emersia Malioboro
menggunakan strategi komunikasi pemasaran yaitu Analisis SWOT, secara garis
besar analisis ini memiliki kekuatan lokasi strategis dekat objek wisata, pusat
perbelanjaan dan juga memiliki fasilitas standar bintang tetapi pelayanan
profesionalisme dan berkualitas untuk meminimalisasi kelemahan yaitu struktur
harga mendekati harga yang ditawarkan oleh para pesaing hotel bintang atas yang
memiliki fasilitas lebih memiliki peluag banyaknya relasi kerjasama dari instansi,
travel dan serta menekan dampak ancaman. Hotel Emersia Malioboro juga
menggunakan strategi bauran komunikasi pemasaran dalam bentuk periklanan
dimedia cetak serta media elektronik dan melakukan promosi penjualan
kebeberapa situs pemesanan hotel online dan media sosial seperti Facebook,
Instagram dan mengirimkan Newsletter yang dilakukan oleh Divisi Marketing.
Dalam menarik jumlah pelanggan menggunakan strategi promosi penjualan
dengan memberikan voucher diskon dan harga spesial pada hari-hari tertentu
seperti awal tahun, akhir tahun dan pada ulang tahun Hotel Emersia Malioboro
Jogja. Faktor pendukung dari keberhasilan strategi komunikasi yaitu kebanyakan
tamu yang menginap selain dari teman, kerabat dan juga review orang-orang yaitu
faktor lokasi yang dekat dengan pusat kota. Faktor penghambat yaitu banyaknya
hotel baru dalam perang harga dan juga banyak seperti dalam hal promo,
persaingan dengan hotel bintang atas disekitar hotel.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Pemasaran, Hotel Emersia Malioboro Jogja,
Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Pemasaran, Hotel Emersia Malioboro Jogja, Pelanggan. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 02:42 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 07:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25263 |
Actions (login required)
View Item |