ANALISIS CUSTOMER RELATIONS KEDAI KOPI ESPRESSO BAR DI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN DAN MEMPERTAHANKAN KONSUMEN

PERWITA, KIKI DIAH (2012) ANALISIS CUSTOMER RELATIONS KEDAI KOPI ESPRESSO BAR DI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN DAN MEMPERTAHANKAN KONSUMEN. UNSPECIFIED thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Espresso Bar atau Coffe Shop di Indon
esia, terutama di Yogyakarta mulai
banyak bermunculan. Hal ini menjadikan semakin ketatnya persaingan antara
Espresso Bar yang satu dengan yang lain di Yogyakarta. Keadaan seperti ini
membuat Kedai Kopi Espresso Bar Jogja harus melakukan sebuah strategi customer
relations yang tepat untuk dapat mempertahankan pelanggannya, menjadikan
pelanggan loyal dan tidak berpindah ke Espresso Bar lain. Oleh karena itu peneliti
mengambil judul “Analisis Customer Relations Kedai Kopi Espresso Bar di
Yogyakarta dalam Meningkatkan dan Mempertahankan Konsumen”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk me
ngetahui dan membandingkan strategi
customer relations ketiga outlet Kedai Kopi Espresso Bar yang ada di Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Komparatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara secara langsung
dengan pihak Divisi Marcomm, General Manager Kedai Kopi, Barista Kedai Kopi
dan Konsumen Kedai Kopi Espresso Bar serta menggunakan dokumen yang
diperoleh dari Kedai Kopi Espresso Bar Yogyakarta. Uji validitas data dalam
penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang telah dikumpulkan,
kemudian dianalisis secara kualitatif da
n dijelaskan dalam bentuk uraian yang
disusun secara detail dan sistematis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa da
lam kegiatan customer relations.
Ketiga outlet Kedai Kopi Espresso Bar
Yogyakarta selalu mengutamakan kualitas
menu, memberikan kenyamanan, komunikasi yang baik dan memberikan hiburan
kepada pelanggannya. Strategi customer relations yang dilakukan ketiga outlet Kedai
Kopi sebagian besar adalah sama hanya terdapat sedikit perbedaan dalam prakteknya
di lapangan yaitu, bagaimana cara barista disetiap outlet Kedai Kopi berkomunikasi
dengan para pelanggannya, tempat dan suasana yang disesuaikan dengan kebutuhan
setiap pelanggan di masing-masing outlet Kedai Kopi dan hiburan yang diberikan di
masing-masing outlet Kedai Kopi. Perbedaan yang ada akan menunjukkan target
khalayak dari masing-masing outlet Kedai Kopi di Yogyakarta dan setiap pelanggan
dapat memilih outlet Kedai Kopi yang akan dikunjungi sesuai kebutuhannya.
xvii
ABSTRACT
Espresso Bar or Coffee Shop in Indonesia, especially in Yogyakarta
started popping up a lot. This makes increasing competition between the Espresso
Bar with each other in Yogyakarta. Things like this make Espresso Bar Café Jogja
have to do a proper customer relations strategy in order to retain customers, make
customers loyal and Espresso Bar does not move to another. Therefore, researchers
took the title "Analysis of Customer Relations Coffee Espresso Bar in Yogyakarta in
Improving and Maintaining the Customer".
The purpose of this study was to determine and compare the customer
relations strategy of the three outlets Café
Espresso Bar in Yogyakarta. The research
method used in this research is Descriptive Comparative. Techniques of data
collection is done by conducting interviews
directly with the Division of Marcomm,
General Manager of Café, Barista Coffee
Shop and Espresso Bar Coffee Shop
Consumer and use of documents obtained from the Espresso Bar Café Yogyakarta.
Test the validity of the data in this study
using the technique of triangulation sources.
The data have been collected, then analyzed qualitatively and described in the
description in detail and systematically arranged.
The results showed that the activities of
customer relations. The third outlet
Yogyakarta Café Espresso Bar menu ha
s always put quality, comfort, good
communication and provide entertainment to its customers. Customer relations
strategy that made the third most Coffee outle
t is the same but there is little difference
in practice in the field, that is how each
barista Coffee outlet communicating with its
customers, place and atmosphere that are depend on the needs of each customer in
each of the outlet shops coffee and entertainment provided at each outlet Café. From
that difference we can see the target audience of each outlet in Yogyakarta Café and
each customer can choose Coffee outlets to be visited according to their needs.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 26 May 2016 03:37
Last Modified: 26 May 2016 03:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item