PERWITA, KIKI DIAH (2012) ANALISIS CUSTOMER RELATIONS KEDAI KOPI ESPRESSO BAR DI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN DAN MEMPERTAHANKAN KONSUMEN. UNSPECIFIED thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Espresso Bar atau Coffe Shop di Indon esia, terutama di Yogyakarta mulai banyak bermunculan. Hal ini menjadikan semakin ketatnya persaingan antara Espresso Bar yang satu dengan yang lain di Yogyakarta. Keadaan seperti ini membuat Kedai Kopi Espresso Bar Jogja harus melakukan sebuah strategi customer relations yang tepat untuk dapat mempertahankan pelanggannya, menjadikan pelanggan loyal dan tidak berpindah ke Espresso Bar lain. Oleh karena itu peneliti mengambil judul “Analisis Customer Relations Kedai Kopi Espresso Bar di Yogyakarta dalam Meningkatkan dan Mempertahankan Konsumen”. Tujuan penelitian ini adalah untuk me ngetahui dan membandingkan strategi customer relations ketiga outlet Kedai Kopi Espresso Bar yang ada di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara secara langsung dengan pihak Divisi Marcomm, General Manager Kedai Kopi, Barista Kedai Kopi dan Konsumen Kedai Kopi Espresso Bar serta menggunakan dokumen yang diperoleh dari Kedai Kopi Espresso Bar Yogyakarta. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisis secara kualitatif da n dijelaskan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa da lam kegiatan customer relations. Ketiga outlet Kedai Kopi Espresso Bar Yogyakarta selalu mengutamakan kualitas menu, memberikan kenyamanan, komunikasi yang baik dan memberikan hiburan kepada pelanggannya. Strategi customer relations yang dilakukan ketiga outlet Kedai Kopi sebagian besar adalah sama hanya terdapat sedikit perbedaan dalam prakteknya di lapangan yaitu, bagaimana cara barista disetiap outlet Kedai Kopi berkomunikasi dengan para pelanggannya, tempat dan suasana yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pelanggan di masing-masing outlet Kedai Kopi dan hiburan yang diberikan di masing-masing outlet Kedai Kopi. Perbedaan yang ada akan menunjukkan target khalayak dari masing-masing outlet Kedai Kopi di Yogyakarta dan setiap pelanggan dapat memilih outlet Kedai Kopi yang akan dikunjungi sesuai kebutuhannya. xvii ABSTRACT Espresso Bar or Coffee Shop in Indonesia, especially in Yogyakarta started popping up a lot. This makes increasing competition between the Espresso Bar with each other in Yogyakarta. Things like this make Espresso Bar Café Jogja have to do a proper customer relations strategy in order to retain customers, make customers loyal and Espresso Bar does not move to another. Therefore, researchers took the title "Analysis of Customer Relations Coffee Espresso Bar in Yogyakarta in Improving and Maintaining the Customer". The purpose of this study was to determine and compare the customer relations strategy of the three outlets Café Espresso Bar in Yogyakarta. The research method used in this research is Descriptive Comparative. Techniques of data collection is done by conducting interviews directly with the Division of Marcomm, General Manager of Café, Barista Coffee Shop and Espresso Bar Coffee Shop Consumer and use of documents obtained from the Espresso Bar Café Yogyakarta. Test the validity of the data in this study using the technique of triangulation sources. The data have been collected, then analyzed qualitatively and described in the description in detail and systematically arranged. The results showed that the activities of customer relations. The third outlet Yogyakarta Café Espresso Bar menu ha s always put quality, comfort, good communication and provide entertainment to its customers. Customer relations strategy that made the third most Coffee outle t is the same but there is little difference in practice in the field, that is how each barista Coffee outlet communicating with its customers, place and atmosphere that are depend on the needs of each customer in each of the outlet shops coffee and entertainment provided at each outlet Café. From that difference we can see the target audience of each outlet in Yogyakarta Café and each customer can choose Coffee outlets to be visited according to their needs.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 26 May 2016 03:37 |
Last Modified: | 26 May 2016 03:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2523 |
Actions (login required)
View Item |