KAJIAN TEKNIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HIRADC PADA KEGIATAN PRODUKSI TAMBANG BAWAH TANAH DMLZ PT. FREEPORT INDONESIA, KABUPATEN MIMIKA, PROVINSI PAPUA

PRAMUKTYO, ZULFIKAR ADISASONO (2020) KAJIAN TEKNIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HIRADC PADA KEGIATAN PRODUKSI TAMBANG BAWAH TANAH DMLZ PT. FREEPORT INDONESIA, KABUPATEN MIMIKA, PROVINSI PAPUA. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Zulfikar.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
Draft Revisi Kolokim Zulfikar A.P 112150051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) dalam industri pertambangan terusmenerus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, dan permasalahan yang terjadi dalam industri pertambangan semakin beragam. Ragam permasalahan semakin banyak, risiko untuk terjadi kecelakaan yang berujung cedera dan kematian juga semakin besar di PT. Freeport Indonesia. Pada tahun 2020 departemen produksi DMLZ PT. Freeport Indonesia akan menaikkan jumlah produksi, dimana perusahaan sendiri memiliki motto “Safety First, Production will Follow”. Maka agar produksi berjalan dengan aman, dibutuhkan kajian mengenai kesehatan dan keselamatan kerja yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis tingkat frequency rate dan severity rate ; menganalisis tingkat risiko di kegiatan produksi di tambang bawah tanah DMLZ PT. Freeport Indonesia; dan mengevaluasi upaya penanggulangan risiko dari kegiatan produksi di tambang bawah tanah DMLZ PT. Freeport Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode HIRADC yaitu matriks risiko 4x4 yang digunakan oleh perusahaan, berdasarkan AS/NZS 4360:2004 di semua level yang ada di departemen produksi tambang bawah tanah DMLZ PT. Freeport Indonesia. Hasil pengukuran menunjukan tingkat severity rate dan frequency rate yang menurun sesuai tren selama 5 tahun terakhir, tingkat risiko dari setiap kegiatan dan risiko tertinggi terpapar peledakan pada kegiatan produksi, serta evaluasi upaya penanggulangan yang baik dalam meminimalisir tingkat risiko dengan menggunakan metode HIRADC tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Apr 2021 05:08
Last Modified: 12 Apr 2021 05:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25166

Actions (login required)

View Item View Item