PENURUNAN INTENSITAS KEBISINGAN BERDASARKAN PENDEKATAN ERGONOMI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN INVESTASI (Studi Kasus: SR Silver, Bowo Perak, Putra SA)

Nurrochma, Ainun Fitriyah (2021) PENURUNAN INTENSITAS KEBISINGAN BERDASARKAN PENDEKATAN ERGONOMI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN INVESTASI (Studi Kasus: SR Silver, Bowo Perak, Putra SA). Diploma thesis, uPN "Vetran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan (dengan tanda tangan pembimbing).pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
1. Full Skripsi (21).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SR Silver, Bowo Perak, dan Putra SA merupakan UMKM perak di Yogyakarta yang masih bertahan dengan memproduksi kerajinan berbahan kuningan. Masing-masing UMKM memiliki produk unggulan, UMKM SR Silver berupa hook clip, UMKM Bowo Perak berupa bros kuningan, dan UMKM Putra SA berupa gesper. Berdasarkan survei yang telah dilakukan di stasiun kerja penghalusan menggunakan mesin foridem di UMKM SR Silver, stasiun kerja pemasangan peniti menggunakan tenol di UMKM Bowo Perak, dan di stasiun kerja peleburan kuningan di UMKM Putra SA, tingkat kebisingan tertinggi sebesar 94,9 dB. Kondisi tersebut dirasakan oleh pekerja selama delapan jam kerja. Kebisingan tersebut melebihi nilai ambang batas kebisingan yang ditetapkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia surat edaran nomor PER. 13/MEN/X/2011 yaitu 85 dB dengan waktu pemaparan delapan jam per hari. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan rekomendasi perbaikan lingkungan fisik pada kebisingan di maisngmasing UMKM. Pembahasan pada penelitian ini mengenai penurunan intensitas kebisingan berdasarkan pendekatan ergonomi dengan mempertimbangkan investasi. Penurunan intensitas ergonomi berupa rekomendasi investasi dengan menggunakan metode 5W1H. Rekomendasi investasi tersebut kemudian didapatkan waktu kembalinya setelah melakukan investasi. Hasil penelitian ini adalah penurunan intensitas kebisingan berdasarkan pendekatan ergonomi dengan mempertimbangkan investasi pada UMKM SR Silver dan Bowo Perak dengan rekomendasi investasi Alat Pelingdung Diri (APD) earplug. UMKM Putra SA dengan rekomendasi investasi pembuatan barrier berbahan brick atau batu bata. UMKM SR Silver setelah dilakukan investasi APD earplug intensitas kebisingan yang masuk ke dalam telinga menjadi 79,2 dB. UMKM Bowo Perak setelah dilakukan investasi APD earplug intensitas kebisingan yang masuk ke dalam telinga menjadi 77,7 dB. UMKM Putra SA setelah dilakukan investasi pembuatan barrier dapat mereduksi intensitas kebisingan menjadi 67,45 dB. Nilai-nilai tersebut sudah berada dibawah nilai ambang batas. Rekomendasi investasi pada masing-masing UMKM akan kembali pada periode pertama. Kata kunci: ergonomi, kebisingan, rekomendasi investasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: rgonomi, kebisingan, rekomendasi investas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:33
Last Modified: 23 Mar 2021 04:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24969

Actions (login required)

View Item View Item