Fasya, Aghnia Fadilla (2020) PESAN MORAL BULLYING DALAM FILM DOKUMENTER AUDRIE & DAISY KARYA BONNI COHEN DAN JON SHENK. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
Halaman Judul (1).pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
Skripsi Aghnia Fadilla Fasya.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
Bullying merupakan suatu tindakan penindasan dari yang kuat terhadap yang lemah. Hal ini biasanya dilakukan seorang individu karena merasa memiliki power yang lebih besar dari sasarannya. Bullying kerap ditampilkan dalam sebuah film, begitu juga dengan pesan moral. Setiap film, apapun itu jenisnya, pasti mengandung pesan-pesan moral didalamnya baik secara tersirat maupun tersurat. Penelitian ini berjudul “Pesan Moral Bullying dalam Film Dokumenter Audrie & Daisy Karya Bonni Cohen dan Jon Shenk”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan moral yang ingin disampaikan oleh sutradara dalam adegan bullying yang terkandung dalam film dokumenter ini dengan melihat makna denotatif, konotatif, dan mitos. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan Analisis Semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pesan moral yang terkandung dalam film ini. Pesan moral tersebut adalah Bullying memberikan efek yang ekstrim kepada korbannya ; Efek bullying akan terus korban bawa seumur hidupnya; Dukungan dari lingkungan terdekat korban sangat penting guna membantu korbannya mengatasi trauma. Muatan bullying yang diperlihatkan dalam film dokumenter ini adalah Verbal Bullying, Cyber Bullying, dan Physical Bullying. Kata Kunci : Pesan Moral, Bullying, Semiotika, Roland Barthes
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Moral, Bullying, Semiotika, Roland Barthes |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 06:51 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 06:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24917 |
Actions (login required)
View Item |