PENGARUH KONSTRUKSI PENYANGGA TERHADAP SUBSIDENS DI TEROWONGAN PENSTOCK STA 10+150 PLTA KERINCI MERANGIN KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI

JAWIL, ANSHAR ABDULLAH (2021) PENGARUH KONSTRUKSI PENYANGGA TERHADAP SUBSIDENS DI TEROWONGAN PENSTOCK STA 10+150 PLTA KERINCI MERANGIN KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover_Tesis_Anshar_Abdullah_Jawil_212160030 (MTA).pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar_Pengesahan_Anshar_Abdullah_Jawil_212160030 (MTA).pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Ringkasan+Abstract_Tesis_Anshar_Abdullah_Jawil_212160030 .pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar_Isi_Anshar_Abdullah_Jawil_212160030 (MTA).pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
1. Tesis_Lengkap_Anshar_Abdullah_Jawil_212160030 (MTA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

RINGKASAN Terowongan Endportal merupakan outlet akhir dari jalur waterway terowongan PLTA Kerinci Merangin Hidro. Saat ini Terowongan Endportal masih dalam tahapan awal pengerjaan sehingga masih berada pada kedalaman yang dangkal yaitu ±35 m. Selain itu formasi batuan sabak (slate) yang merupakan batuan metamorf berfoliasi dapat mencirikan tingkat dikontinuitas yang tinggi dari batuan. Berdasarkan penyelidikan di lapangan, massa batuan pada terowongan Endportal tergolong batuan terkekarkan dengan nilai RMR yang diambil pada tiga face terowongan berkisar 23-24. Berdasarkan nilai RMR kelas massa batuan di terowongan digolongkan dalam kelas IV (poor rock). Perhitungan properties massa batuan menghasilkan nilai kohesi yaitu 0,081 MPa, sudut geser dalam 41,980. Konstruksi penyangga yang digunakan berupa shotcrete tebal 150 mm rockbolt panjang 3,5 m spasi 1,5 m, wiremesh, dan steelrib. Pada penelitian ini dilakukan validasi pemodelan metode numerik dengan menggunakan hasil metode empirik. Dimana pada pemodelan numerik digunakan dua modulus elastis yaitu intact rock dan in situ. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa hasil model numerik dengan menggunakan modulus elastis dari intact rock didapatkan nilai subsidens maksimum yaitu 0,22 mm sedangkan dengan metode empirik yaitu 0,97 mm selisih antara nilai ini cukup jauh yaitu 0,75 mm jika dibandingkan dengan hasil modulus elastis in situ yang memiliki selisih sebesar 0,07 mm. Sehingga dari kedua model numerik yang di anggap valid adalah model dengan menggunakan modulus elastis in situ. Hasil pemodelan numerik menggunakan RS 2 untuk kondisi terowongan tanpa memperhitungkan faktor kegempaan yaitu kondisi terowongan tanpa penyangga nilai subsiden maksimum yang dihasilkan sebesar 0,95 mm. kemudian dengan penyangga shotcrete, wiremesh dan rockbolt subsiden maksimum sebesar 0,73 mm. selanjutnya dengan penyangga shotcrete, wiremesh, rockbolt dan h-beam subsiden maksimum sebesar 0,67 mm. Sedangkan pada kondisi terowongan dengan meperhitungkan faktor kegempaan yaitu kondisi terowongan tanpa penyangga nilai subsiden maksimum yang dihasilkan sebesar 60,58 mm. kemudian dengan penyangga shotcrete, wiremesh dan rockbolt subsiden maksimum sebesar 57,13 mm. selanjutnya dengan penyangga shotcrete, wiremesh, rockbolt dan h-beam subsiden maksimum sebesar 47,83 mm. Batas subsiden maksimum menurut SNI 8460:2017 sebesar < 50 mm maka yang memenuhi kriteria adalah kondisi terowongan dengan penyangga shotcrete, wiremesh, rockbolt dan H- Beam. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan hubungan yang linear antara perpindahan di atap terowongan dengan subsidens dimana semakin bertambah perpindahan di atap terowongan maka nilai subsidens juga akan bertambah. Hubungan perpindahan pada atap terowongan dengan subsidens dapat digambarkan dengan persamaan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH KONSTRUKSI PENYANGGA TERHADAP SUBSIDENS DI TEROWONGAN PENSTOCK STA 10+150
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Mar 2021 05:04
Last Modified: 08 Mar 2021 05:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item View Item