ANALISA PRESSURE BUILD UP (PBU) UNTUK EVALUASI KEMUNGKINAN TERJADINYA PROBLEM PRODUKSI PADA SUMUR “RA” LAPANGAN “KIJANG”

Putra, Dafiq Fikri Utomo (2021) ANALISA PRESSURE BUILD UP (PBU) UNTUK EVALUASI KEMUNGKINAN TERJADINYA PROBLEM PRODUKSI PADA SUMUR “RA” LAPANGAN “KIJANG”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Dafiq.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Dafiq.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Dafiq.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi Dafiq.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Dafiq.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
Tugas Akhir Dafiq Fikri Utomo Putra 113160105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RINGKASAN Sumur “RA” merupakan sumur yang sudah dilakukan uji tekanan namun belum pernah dilakukan analisa uji tekanan, oleh karena itu perlu diadakan suatu analisa uji tekanan untuk mengetahui kemungkinan adanya kerusakan formasi. Analisa yang digunakan ialah analisa uji tekanan dengan metode Pressure Build Up Test (PBU). Analisa uji tekanan pada sumur “RA” menggunakan 2 metode yaitu metode analitik dan Simulator Ecrin v4.02. Kedua metode ini akan dibandingkan untuk validasi agar hasil yang didapatkan akurat. Tahapan dari kedua metode tersebut hampir sama yaitu pertama menyiapkan data-data pendukung seperti data produksi, data batuan reservoir, dan data uji tekanan. Kemudian dibuatlah grafik log-log plot dimana dari grafik ini akan menghasilkan end of wellbore storage. Kemudian dibuat grafik semi log-log plot dimana akan menghasilkan tekanan statik reservoir (P*) dan tekanan saat Δt 1 jam (P1jam) yang nantinya dapat digunakan untuk menghitung besarnya slope, permeabilitas reservoir, faktor kerusakan formasi (skin), dan flow efficiency. Kedua metode tersebut mendapatkan hasil analisa dimana metode analitik mendapatkan nilai P* sebesar 1329,2 Psia, tekanan pada saat Δt 1 jam sebesar 1231,65 Psia, permeabilitas minyak sebesar 38,85 mD, harga skin sebesar +0,97, perbedaan tekanan akibat adanya skin sebesar 97,399 psi/cycle, dan flow efficiency sebesar 0,8598. Sedangkan berdasarkan analisa menggukan Simulator Ecrin v4.02. dengan menggunakan model reservoir two porosity slab dengan circle boundary didapatkan hasil P* sebesar 1417,41 Psia, permeabilitas minyak sebesar 178 mD, harga skin sebesar +0,917, perbedaan tekanan akibat adanya skin sebesar 32,478 psi/cycle, dan flow efficiency sebesar 0,959. Dari hasil yang diperoleh dari kedua metode tersebut dapat disimpulkan bahwa sumur “RA” mengalami kerusakan formasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ANALISA PRESSURE BUILD UP (PBU) UNTUK EVALUASI KEMUNGKINAN TERJADINYA PROBLEM PRODUKSI PADA SUMUR “RA” LAPANGAN “KIJANG”
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:42
Last Modified: 08 Mar 2021 04:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24911

Actions (login required)

View Item View Item