ANALISISFRAUDPENTAGONDALAMMENDETEKSI KECURANGANLAPORAN KEUANGAN DENGAN METODE M-SCORE MODEL (StudiEmpiris PadaPerusahaan SektorInfrastructure,Utilities,danTransportationYangTerdaftarDiBursaEfekIndonesiaPeriode2016-2018)

Hamidah, Lina Nur (2020) ANALISISFRAUDPENTAGONDALAMMENDETEKSI KECURANGANLAPORAN KEUANGAN DENGAN METODE M-SCORE MODEL (StudiEmpiris PadaPerusahaan SektorInfrastructure,Utilities,danTransportationYangTerdaftarDiBursaEfekIndonesiaPeriode2016-2018). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecurangan laporan keuangan dalam perspektif fraud pentagon. Fraud pentagondiproksikan dengan tujuh variabel yang terdiri dari duavariable dari elemen pressure(financial stability dan external pressure), dua variabel dari elemen opportunity (ineffective monitoring dan kualitas auditor eksternal), satu variabel dari elemen rationalization (pergantian auditor eksternal), satu variabel dari elemen competence(pergantian direksi), dan satu variabel dari elemenarrogance(frequent numberof CEO’s pictures), yang dihipotesiskan mempengaruhi kecurangan laporan keuangan. M-Score Model digunakan untuk menentukan kecurangan laporan keuangan.Populasi dalam penelitian ini adalahseluruhperusahaan infrastructure, utilities, dan transportationyang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh dengan total sampel berjumlah 166. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan tahunan perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Alat uji data menggunakan software SPSS 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial stabilityberpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan external pressure, ineffective monitoring, kualitas auditor eksternal, pergantian auditoreksternal, pergantian direksi, dan frequent number of CEO’s picturetidak berpengaruh terhadap kecuranganlaporan keuangan.Kata Kunci: Fraud Pentagon, Kecurangan Laporan Keuangan, M-Score, Financial Stability, External Pressure, IneffectiveMonitoring, kualitas auditor eksternal,pergantian auditor eksternal, pergantian direksi,Frequent Number of CEO’s Picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fraud Pentagon, Kecurangan Laporan Keuangan, M-Score, Financial Stability, External Pressure, IneffectiveMonitoring, kualitas auditor eksternal,pergantian auditor eksternal, pergantian direksi,Frequent Number of CEO’s Picture
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Mar 2021 08:29
Last Modified: 02 Mar 2021 08:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

View Item View Item