PENENTUAN ZONA PRODUKTIF HIDROKARBON PADA RESERVOIR MENGGUNAKAN DATA LOG DAN DATA CORE PADA SUMUR “DA” LAPANGAN “NA”

PRADANA, M. BAGUS SATRIA (2021) PENENTUAN ZONA PRODUKTIF HIDROKARBON PADA RESERVOIR MENGGUNAKAN DATA LOG DAN DATA CORE PADA SUMUR “DA” LAPANGAN “NA”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Minyak dan gas bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang hingga saat ini menjadi energi utama dan sangat dibutuhkan oleh seluruh dunia. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat memperoleh hasil produksi yang optimal. Untuk mengoptimalisasi produksi hidrokarbon, dapat dilakukan dengan menentukan zona produktif yang tepat yaitu dilihat dari parameter Vshale, porositas, permeabilitas dan saturasi air. Lapangan “NA” yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan termasuk dalam Cekungan Jawa Timur diketahui memiliki potensi hidrokarbon. Oleh karena itu, dilakukan analisa penentuan zona produktif hidrokarbon untuk dapat mengoptimalkan produksinya. Analisa yang dilakukan terdiri dari 1 sumur yaitu sumur “DA”. Untuk mengetahui zona yang produktif dapat dilakukan dengan menganalisa data penilaian formasi. Salah satu bentuk dari data tersebut yaitu data logging dan data core. Dasar pemilihan lapisan untuk menentukan zona yang produktif yaitu dengan melihat analisa petrofisik berupa Volume shale, Porositas, permeabilitas dan saturasi airnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi zona prospek atau yang berpotensi adanya hidrokarbon pada formasi Ngrayong pada Lapangan “NA” sumur “DA” untuk dilakukan perforasi dan proses produksi.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama pengumpulan data-data seperti data log, dan analisa core Selanjutnya melakukan pengolahan data yaitu koreksi data log, identifikasi litologi dan penentuan tipe clay. Setelah pengolahan data, selanjutnya dilakukan interpretasi log secara kualitatif dan kuantitatif. Interpretasi kualitatif menentukan zona atau lapisan prospek. Setelah itu dilakukan interpretasi secara kuantitatif. Analisa kuantitatif menggunakan analisa petrofisik yang meliputi perhitungan volume shale, porositas efektif saturasi air, cutoff (cutoff Vshale, Porositas dan Saturasi) dan reservoir lumping. Terakhir adalah penentuan kandidat yang produktif.
Berdasarkan hasil analisa petrofisik didapat nilai cut off Vsh sebesar 0,46 atau 46%, porositas efektif 0,153 atau 15%, dan cut off Sw sebesar 0,68 atau 68%. Nilai cut off ini akan berpengaruh pada penentuan zona produktif hidrokarbon. yang perlu diperhatikan dalam penentuan zona produktif hidrokarbon adalah propertis dari lapisan, dan Kandungan Fluida dari lapisan tersebut.
Berdasarkan Pertimbangan diatas, maka terdapat 1 kandidat untuk dilakukan perforasi pada Sumur “DA” yaitu, pada Formasi Ngrayong lapisan SD-3 yang memiliki Ketebalan Net Pay sebesar 9 m, Porositas sebesar 0,165, shale volume 0,09 dan saturasi air 0,59, dan Permeabilitas Sebesar 197 mD.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minyak dan gas bumi merupakan salah satu sumber daya alam
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:05
Last Modified: 07 Dec 2022 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24780

Actions (login required)

View Item View Item