ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HASIL DARI FILTER BUBBLE (Studi Kuantitatif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN “Veteran” Yogyakarta)

Reinaldi, Bagus (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HASIL DARI FILTER BUBBLE (Studi Kuantitatif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI---Efektivitas-Iklan---Bagus-Reinaldi.pdf] Text
SKRIPSI---Efektivitas-Iklan---Bagus-Reinaldi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Instagram termasuk dalam kategori media baru yang memiliki potensi komersialisasi berupa iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif iklan di media sosial Instagram yang dipengaruhi oleh algoritma filter bubble dan mengetahui seberata erat dan pengaruh yang terjadi di dalamnya. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification for New Media karena khalayak yaitu pengguna Instagram menggunakan media berdasarkan atas motif-motif tertentu, mencari kepuasan, dan pemenuhan kebutuhan. Theory of Interactive Media Effect menggunakan formulasi MAIN Model untuk melihat algoritma filter bubble bekerja dengan membentuk persepsi dan pengalaman pengguna melalui metode kognitif yang membahas tentang kualitas dan kredibilitas sebuah konten. Teori EPIC Model untuk mengukur efektivitas dan dampak komunikasi dari suatu iklan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survei, dimana kuisioner disebarkan pada sampel dari populasi yang sudah ditentukan. Dari 100 kuisioner yang telah disebarkan mendapat hasil Analisis Korelasi Product Moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,672 termasuk dalam kategori hubungan positif yang kuat. Sedangkan hasil Analisis Regresi Linier Sederhana menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antar variabel dengan persentase sebesar 44,6%, sedangkan sisanya 55,4% (100%-44,6%) dijelaskan oleh variabel lain diluar model dalam penelitian ini. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa media interaktif dan algoritma filter bubble Instagram menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan memiliki peran penting dalam pengaruh efektivitas iklan yang muncul secara signifikan dan positif, namun hanya sebesar 44,6%. Meskipun Instagram hanya salah satu dari sekian banyak media untuk melakukan sebuah strategi bisnis, namun kemampuan algoritma mampu menciptakan gelembung bias dengan terpaan iklan yang tinggi.
Kata Kunci: Periklanan Interaktif, Efektivitas, Instagram, filter bubble

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Periklanan Interaktif, Efektivitas, Instagram, filter bubble
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:32
Last Modified: 30 Nov 2022 04:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24752

Actions (login required)

View Item View Item