Reinaldi, Bagus (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HASIL DARI FILTER BUBBLE (Studi Kuantitatif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (35kB) | Preview |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (166kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (104kB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (145kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (68kB) | Preview |
Text
SKRIPSI---Efektivitas-Iklan---Bagus-Reinaldi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Instagram termasuk dalam kategori media baru yang memiliki potensi komersialisasi berupa iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif iklan di media sosial Instagram yang dipengaruhi oleh algoritma filter bubble dan mengetahui seberata erat dan pengaruh yang terjadi di dalamnya. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification for New Media karena khalayak yaitu pengguna Instagram menggunakan media berdasarkan atas motif-motif tertentu, mencari kepuasan, dan pemenuhan kebutuhan. Theory of Interactive Media Effect menggunakan formulasi MAIN Model untuk melihat algoritma filter bubble bekerja dengan membentuk persepsi dan pengalaman pengguna melalui metode kognitif yang membahas tentang kualitas dan kredibilitas sebuah konten. Teori EPIC Model untuk mengukur efektivitas dan dampak komunikasi dari suatu iklan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survei, dimana kuisioner disebarkan pada sampel dari populasi yang sudah ditentukan. Dari 100 kuisioner yang telah disebarkan mendapat hasil Analisis Korelasi Product Moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,672 termasuk dalam kategori hubungan positif yang kuat. Sedangkan hasil Analisis Regresi Linier Sederhana menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antar variabel dengan persentase sebesar 44,6%, sedangkan sisanya 55,4% (100%-44,6%) dijelaskan oleh variabel lain diluar model dalam penelitian ini. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa media interaktif dan algoritma filter bubble Instagram menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan memiliki peran penting dalam pengaruh efektivitas iklan yang muncul secara signifikan dan positif, namun hanya sebesar 44,6%. Meskipun Instagram hanya salah satu dari sekian banyak media untuk melakukan sebuah strategi bisnis, namun kemampuan algoritma mampu menciptakan gelembung bias dengan terpaan iklan yang tinggi.
Kata Kunci: Periklanan Interaktif, Efektivitas, Instagram, filter bubble
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Periklanan Interaktif, Efektivitas, Instagram, filter bubble |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 02:32 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 04:40 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24752 |
Actions (login required)
View Item |