APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENANGANAN CEDERA PADA TANGAN DAN KAKI MANUSIA BERBASIS ANDROID

Putra, Harits Kurnia (2020) APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENANGANAN CEDERA PADA TANGAN DAN KAKI MANUSIA BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER HALAMAN(2).pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak(14).pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
Tugas Akhir Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Daftar-Isi.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan(3).pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Cedera merupakan rasa sakit yang ditimbulkan karena kecelakaan ataupun olahraga, sehingga dapat menimbulkan cacat, luka dan rusak pada otot bagian tubuh. Cederasering kali diderita pada bagian tubuh yang dapat bergerak seperti halnya tangan, kaki dan kepala manusia. Penanganan cedera perlu dilakukan dengan baik dan benar agar, proses penyembuhan dapat berjalan cepat tanpa efek samping. Namun, tidak semua baik masyarakat dan penderita cedera memahami proses penanganan cedera. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penanganan cedera. Untuk dapat membantu masyarakat dalam menangani cedera maka diperlukan suatu media yang dapat memberikan informasi penanganan cedera. Salah satunya yaitu mengimplementasikan augmented reality dengan metode markerless.Kelebihan dari metode markerless dapat berperan memberikan infomasi3D mengenai jenis cedera berdasarkan petunjuk pengguna aplikasidalam waktu nyata dan dapat berjalan secara interaktif. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan Java, C#berbasis Android.Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian kualitatif, dimana penelitian memiliki suatu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilakuyang dapat diamati dari subyek itu sendiri.Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi dapat membaca marker yang telah ditentukan dengan menampilkan informasi 3D berdasarkan kebutuhan pengguna didalam kriteria yang tersedia. Selain itu informasi dapat ditampilkan dalam waktu nyata dan berjalan interaktif dengan hasil 33% setuju dan 58% sangat setuju melalui pengujian alfa beta test. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi dapat berjalan pada jarak minimal 10 cm dengan cahaya 11 lux dan dengan sudut 20 derajat.Kata Kunci: Cedera, Augmented Reality, Markerless, C#, Android, Kualitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cedera, Augmented Reality, Markerless, C#, Android, Kualitatif
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:51
Last Modified: 19 Feb 2021 08:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24747

Actions (login required)

View Item View Item