Putra, Harits Kurnia (2020) APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENANGANAN CEDERA PADA TANGAN DAN KAKI MANUSIA BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
COVER HALAMAN(2).pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak(14).pdf Download (9kB) | Preview |
|
Text
Tugas Akhir Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Daftar-Isi.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan(3).pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Cedera merupakan rasa sakit yang ditimbulkan karena kecelakaan ataupun olahraga, sehingga dapat menimbulkan cacat, luka dan rusak pada otot bagian tubuh. Cederasering kali diderita pada bagian tubuh yang dapat bergerak seperti halnya tangan, kaki dan kepala manusia. Penanganan cedera perlu dilakukan dengan baik dan benar agar, proses penyembuhan dapat berjalan cepat tanpa efek samping. Namun, tidak semua baik masyarakat dan penderita cedera memahami proses penanganan cedera. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penanganan cedera. Untuk dapat membantu masyarakat dalam menangani cedera maka diperlukan suatu media yang dapat memberikan informasi penanganan cedera. Salah satunya yaitu mengimplementasikan augmented reality dengan metode markerless.Kelebihan dari metode markerless dapat berperan memberikan infomasi3D mengenai jenis cedera berdasarkan petunjuk pengguna aplikasidalam waktu nyata dan dapat berjalan secara interaktif. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan Java, C#berbasis Android.Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian kualitatif, dimana penelitian memiliki suatu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilakuyang dapat diamati dari subyek itu sendiri.Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi dapat membaca marker yang telah ditentukan dengan menampilkan informasi 3D berdasarkan kebutuhan pengguna didalam kriteria yang tersedia. Selain itu informasi dapat ditampilkan dalam waktu nyata dan berjalan interaktif dengan hasil 33% setuju dan 58% sangat setuju melalui pengujian alfa beta test. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi dapat berjalan pada jarak minimal 10 cm dengan cahaya 11 lux dan dengan sudut 20 derajat.Kata Kunci: Cedera, Augmented Reality, Markerless, C#, Android, Kualitatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cedera, Augmented Reality, Markerless, C#, Android, Kualitatif |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 08:51 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 08:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24747 |
Actions (login required)
View Item |