FRAMING PEMBERITAAN DUGAAN KECURANGAN HASIL PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN PADA PEMILU 2019 DI MEDIAINDONESIA.COM

Andrian, Fajar (2020) FRAMING PEMBERITAAN DUGAAN KECURANGAN HASIL PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN PADA PEMILU 2019 DI MEDIAINDONESIA.COM. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover skripsi(2).pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(38).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI(31).pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN(20).pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Kepentingan pemilik media menjadi hambatan yang harus dihadapi pers dalam menjaga nentralitasnya. Diperparah lagi dengan pemilik media yang terjun dalam dunia politik, tentunya akan mempengaruhi kinerja pers. Salah satunya Surya Paloh, pemilik Media Group ini menjadi Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pada pemilu 2019, Partai Nasdem mendukung pasangan Joko Widodo —Maruf Amin. Penelitian ini dilakukan untuk melihat framing MediaIndonesia.com dalam mengkonstruksi peristiwa tuduhan kecurangan dalam pilpres 2019. Framingdapat diartikan sebagai proses bagaimana suatu media membingkai atau menyusun sebuah berita lebih menonjol, hingga layak untuk dipublikasikan dan menjadi perhatian khalayak luas. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis framingmilik Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki. Penelitian ini menunjukkan bahwa framekecurangan dalam pemilihan presiden dan wakil presiden tidak terjadi. Pengaruh organisasi dapat mempengaruhi isi berita. Larena Surya Paloh menjadi ketua umum Partai Nasdem yang merupakan salah satu partai pengusung pasangan Joko Widodo -Maruf Amin, MediaIndonesia.com secara tidak langsung menyajikan berita yang cenderung menguntungkan pasangan tersebut dengan menekankan bahwa tuduhan kecurangan yang dilontarkan BPN hanya upaya menggiring opini publik.Kata Kunci: Kepentingan Pemilik Media, MediaIndonesia.com, Framing Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki, Tuduhan kecurangan, Pengaruh Organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepentingan Pemilik Media, MediaIndonesia.com, Framing Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki, Tuduhan kecurangan, Pengaruh Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:04
Last Modified: 19 Feb 2021 08:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item View Item