IMPLEMENTASI METODE MULTI CRITERIA OPTIMIZATION AND COMPROMISE SOLUTION (VIKOR) DALAM APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERDAYAAN DAN KELAYAKAN PENGAJUAN BANTUAN USAHA KECIL MENENGAH(Studi Kasus DISPERINDAG Boyolali, UPT Pasar Cepogo )

Junianto, Eko (2020) IMPLEMENTASI METODE MULTI CRITERIA OPTIMIZATION AND COMPROMISE SOLUTION (VIKOR) DALAM APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERDAYAAN DAN KELAYAKAN PENGAJUAN BANTUAN USAHA KECIL MENENGAH(Studi Kasus DISPERINDAG Boyolali, UPT Pasar Cepogo ). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER HALAMAN(1).pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(2).pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI(3).pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN(1).pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
TUGAS AKHIR FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Salah satu tugas dari DISPERINDAG Kabupaten Boyolali pada UPT Pasar Cepogo dalam mendukung usaha kreatifmasyarakat pada BidangPerdagangan Dalam Negeri (PDN)adalah menyusun program pemberdayaan dan pemberian bantuan bagi paraUKM. Namun program tersebut masih belum sepenuhnya optimal dikarenakan masih seringnya terjadikesalahan dalam pengalokasian bantuan yang menyebabkan bantuan menjadi tidak tepat sasaran.Hal ini disebabkan oleh proses perangkingandata calon penerima bantuan yang dilakukan oleh UPT Pasar Cepogobelum memiliki sistem untuk melakukan proses perangkingan dan verifikasi data lebih lanjut untuk menentukan prioritas calon penerima bantuanberdasarkan hasil akhir setiap alternatif.Metode VIKOR memiliki kelebihan pada prosespemeringkatan dengan memiliki nilai preferensi untuk pemeringkatan banyak alternatif atau subkriteria dengan lebih mudah. Selain itu, metode VIKOR memiliki kelebihan mengatasi kriteria yang bertentangan dalam pemeringkatan. Kriteria yang dimaksud adalah terdapat beberapa kriteria atau subkriteria tetapi masing-masing kriteria tersebut menggunakan penilaian berbeda. Penilaian itu dapat melihat nilai tinggi semakin baik atau nilai terendah semakin baik yangdigunakan sebagai solusi untukmendukung UPT PASAR CEPOGO dalam menentukan kebijakan pemberian bantuan terhadap UKM di Pasar Cepogo berdasarkan hasil akhir setiap alternatif.Hasil dari penelitian ini yaitu sistem dapat melakukan perangkingan pengajuan bantuan secara lebih terukur dan tepat sasaran. Berdasarkan hasil pengujian validasi antara data perangkingan dari sistem pendukung keputusan terhadap data perangkingan dari UPT Pasar Cepogo didapatkan hasil bahwa sistemmemperoleh 80.00% keakuratan data terhadap perangkingan yang dilakukan oleh pihak UPTsehingga sistem dapat memenuhi kebutuhan pengguna.Kata kunci: UPT Pasar Cepogo, Pemberian Bantuan, Metode VIKOR

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: UPT Pasar Cepogo, Pemberian Bantuan, Metode VIKOR.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:33
Last Modified: 19 Feb 2021 07:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24737

Actions (login required)

View Item View Item