PENGATURAN SISTEM TANAM DAN PEMBERIAN PUPUK KANDANG KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays var. saccharata Sturt.)

NURHUTAMI, AFIA (2021) PENGATURAN SISTEM TANAM DAN PEMBERIAN PUPUK KANDANG KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays var. saccharata Sturt.). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (738kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Konsumsi jagung manis terus mengalami peningkatan, untuk itu perlu peningkatan hasil. Alternatif peningkatan hasil dengan pengaturan sistem tanam dan pemberian pupuk kandang kambing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaturan sistem tanam dan pemberian pupuk kandang kambing terhadap pertumbuhan dan
hasil tanaman jagung manis. Penelitian dilaksanakan di sawah yang berada di Dusun Yapah, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Mei 2020. Metode percobaan menggunakan RAKL yang terdiri dari dua faktor. Faktor 1 adalah sistem tanam terdiri tiga aras, yaitu sistem tanam baris tunggal dengan jarak tanam 80 × 20 cm (J1), sistem tanam jajar legowo 2:1 dengan jarak tanam 60 × 20 cm (J2), sistem tanam jajar legowo 3:1 dengan jarak tanam 60 × 20 cm (J3). Faktor 2 adalah pupuk kandang kambing terdiri atas tiga aras, yaitu 10 ton ha-1 (K1), 20 ton ha-1 (K2), 30 ton ha-1 (K3). Hasil penelitian menunjukkan penerapan sistem tanam jajar legowo 2:1 dengan jarak tanam 60 × 20 cm (J2) memberikan hasil terbaik pada parameter diameter tongkol berkelobot dan bobot tongkol perluasan 5,67 m2. Pemberian pupuk kandang kambing dengan dosis 20 ton ha-1 (K2) memberikan hasil terbaik pada parameter tinggi tanaman umur 8 MST . Tidak terdapat interaksi pada perlakuan sistem tanam dan pemberian pupuk kandang kambing terhadap semua parameter pertumbuhan dan hasil.
Kata kunci: jagung manis, sistem tanam, pupuk kandang kambing

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: jagung manis, sistem tanam, pupuk kandang kambing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:54
Last Modified: 08 Dec 2022 01:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24653

Actions (login required)

View Item View Item