STUDI SIMULASI PERBANDINGAN METODE MOBILITY DESIGN PADA INJEKSI POLIMER DAN PENGARUHNYA TERHADAP OIL RECOVERY FACTOR

LUBIS, MHD. RIZKY RAHMADSYAH (2021) STUDI SIMULASI PERBANDINGAN METODE MOBILITY DESIGN PADA INJEKSI POLIMER DAN PENGARUHNYA TERHADAP OIL RECOVERY FACTOR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. ABSTRAK SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. HAL PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. HAL PENGESAHAN.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 1.-SKRIPSI.pdf] Text
1.-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Injeksi polimer telah diterapkan secara luas sebagai metode enhanced oil
recovery untuk mengatasi proses pendesakan yang tidak efisien yang terjadi pada
proses waterflood dalam meningkatkan faktor perolehan minyak. Untuk memahami
bagaimana penggunaan injeksi polimer dapat mengatasi ketidakefisienan proses
pendesakan minyak pada waterflood, maka perlu diperkenalkan prinsip mobility
design yang merupakan salah satu syarat untuk meningkatkan sweep efficiency.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan studi komparatif pada berbagai metode
mobility design dan membuktikan adanya pengaruh terhadap oil recovery factor.
Penelitian ini menyajikan studi simulasi dengan investigasi skala core untuk
menentukan optimasi polymer mobility design dan membandingkan berbagai
metode mobility design sperti metode End-Point, James Sheng, dan Gomaa untuk
menentukan metode yang paling tepat. Dalam penelitian ini, model simulasi
dibangun berdasarkan eksperimen laboratorium sebelumnya dan divalidasi dengan
mencocokkan hasil simulasi dengan data eksperimen. Bahan yang telah diukur pada
percobaan laboratorium sebelumnya seperti polimer, brine, minyak, dan core akan
digunakan dalam penelitian ini sebagai data masukan. Simulasi coreflood
menggunakan simulator komposisi CMG STARS dilakukan untuk menjelaskan
proses history matching dan menghasilkan SCAL properties tervalidasi.
Pendekatan numerik diterapkan untuk menentukan upstream viscosity dari setiap
metode serta untuk membantu dalam pemahaman studi komparatif metode polymer
mobility design. Selanjutnya untuk mengevaluasi recovery factor pada setiap
metode dilakukan simulasi pada model 1-Dimensi, 2-Dimensi, dan 3-Dimensi
dengan berbagai skenario. Penelitian ini juga melakukan investigasi secara visual
terhadap model penampang secara areal dan vertikal untuk mempelajari efisiensi
proses penyapuan polimer dengan menerapkan sensitivitas pada berbagai variabel
seperti konsentrasi polimer dan skema injektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa polymer mobility design dapat
mempengaruhi viskositas injectant atau upstream viscosity, yang mengarah pada
efisiensi penyapuan yang tinggi dan menghasilkan perolehan minyak yang lebih
tinggi. Hasil studi sensitivitas menunjukkan diantara metode mobility design,
metode James Sheng memiliki hasil yang paling sesuai dari segi penurunan mobility
ratio, kebutuhan larutan polimer, dan peningkatan oil recovery factor. Ditemukan
bahwa mobility ratio dari konsep mobility design konvensional memiliki kriteria
yang tidak valid untuk membedakan kondisi mobility design yang
“menguntungkan” dan “tidak menguntungkan”. Secara umum, mobility ratio
konsvensional didefinisikan sebagai mobilitas fluida yang mendesak dibagi dengan
mobilitas total dari fase air dan minyak yang didesak. Selain itu, hasil perbandingan
dengan berbagai metode mobility design menunjukkan recovery factor yang
berbeda – beda dikarenakan beberapa faktor seperti asumsi, batasan, dan kondisi
yang disukai masing – masing metode.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Injeksi polimer telah diterapkan secara luas sebagai metode enhanced oil
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:43
Last Modified: 07 Dec 2022 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24649

Actions (login required)

View Item View Item