PENENTUAN MODEL PEREMBESAN AIR DAN PERHITUNGAN SISA CADANGAN PADA RESERVOIR PMG LAPANGAN TANGSE PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA

KHAULANY, FAKHRI (2021) PENENTUAN MODEL PEREMBESAN AIR DAN PERHITUNGAN SISA CADANGAN PADA RESERVOIR PMG LAPANGAN TANGSE PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Reservoir yang menjadi objek penelitian ini adalah Reservoir PMG Lapangan Tangse yang berada di Blok Rokan, Cekungan Sumatera Tengah yang sekarang sedang dikelola oleh PT Chevron Pacific Indonesia. Reservoir PMG adalah reservoir dengan nilai OOIP terbesar di lapangan ini (secara volumetris) tapi hanya memproduksikan 27 BOPD dan recovery factor saat ini hanya 11%. Sehingga lapangan ini sangat cocok untuk dikembangkan. Untuk perencanaan pengembangan lapangan ini di masa yg akan datang, harus ditentukan jenis tenaga pendorongnya, membuat model perembesan air, dan menghitung cadangan sisa dari reservoir ini, sehingga perencanaan pengembangan lapangan lebih optimal. Penentuan sisa cadangan minyak dimulai dengan preparasi data, yaitu mengumpulkan data-data seperti sejarah tekanan reservoir, sejarah produksi reservoir, sifat fisik batuan reservoir, sifat fisik fluida reservoir, dan data-data penunjang. Setelah itu menghitung OOIP secara volumetris, menentukan model perembesan air, menentukan OOIP hasil material balance. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung recovery factor, estimated ultimate recovery dan diakhiri dengan perhitungan cadangan sisa. Dari hasil analisa, didapatkan nilai OOIP metode volumetric sebesar 9895 MSTB. Model water influx yang memiliki persen penyimpangan yang paling kecil adalah model van Everdingen-Hurst (Unsteady-State) Finite Aquifer adalah dengan A = 3 tahun-1 dan Cv = 0.948 MBBL/Psi dengan persen penyimpangan sebesar 3.45%. Dengan menggunakan model tersebut menghasilkan OOIP materia balance sebear 8338.7 MSTB. RF menggunakan Persamaan J.J Arps untuk reservoir bertenaga pendorong air memberikan nilai recovery factor Reservoir RF sebesar 56.02% dengan nilai estimated ultimate recovery sebesar 4.671 MMSTB. Sisa cadangan kemudian dihitung dengan mengurangkan kumulatif produksi dengan nilai EUR, dan didapatkan sisa cadangan minyak secara teknis sebesar 3.594 MMSTB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:16
Last Modified: 15 Feb 2021 04:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24644

Actions (login required)

View Item View Item