SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSANPEMBANGUNAN FASILITAS AIRSIDE BANDARA MENGGUNAKAN STANDAR KETENTUAN ICAO DAN METODEMULTIFACTOR EVALUATIONPROCESS

Satriyanto, Didi (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSANPEMBANGUNAN FASILITAS AIRSIDE BANDARA MENGGUNAKAN STANDAR KETENTUAN ICAO DAN METODEMULTIFACTOR EVALUATIONPROCESS. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
1. Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Lembar Pengesahan Penguji.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

viiABSTRAKBerdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara SKEP 77tahun 2005, penyelenggaraan transportasi udara sangat memprioritaskankeamanan dankeselamatan penerbangan. Hal ini memerlukanadanya persyaratan teknis pengoperasian fasilitas teknik bandar udara tidak terkecuali fasilitas airside, land sidedan peralatan pemeliharaan bandar udara pada bandar udara umum serta bandar udara khusus. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah sistem pendukung keputusan pembanguan fasilitas airsidebandara untukdapatmembantu dalam perancanganfasilitas airside, mempermudahdanmeminimalisir kesalahan dalam pengambilan keputusan untuk merancangpembangunan fasilitas airsidebandara kedepanya.Sistempendukung keputusan pembanguan fasilitas airsidebandara menggunakan standar ketentuan ICAO dan metodeMultifactor Evaluation Process(MFEP). ICAOmengembangkan teknik dan prinsip-prinsipnavigasiudarainternasionalsertamembantuperkembanganperencanaan dan pengembanganangkutan udarainternasional untuk memastikan pertumbuhannya terencana dan aman. Metode MFEP adalah metode kuantitatif yang menggunakan weighting system. Pengambilan keputusan dilakukan dengan memberikan pertimbangan secara subyektif dan intuitif, menimbang berbagai faktor yang mempunyai pengaruh penting terhadap alternatif pilihan.Hasil dari proses MFEPdapat memberikan rekomendasipenilaian arahrunway terbaik.Sistem yang dibuat dapat menghasilkan outputrancangan teknis fasilitas airsidesecara cepat dan tepatsesuai dengan standar ketentuan ICAO. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Multifactor Evaluation Process, ICAO,Airside

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Multifactor Evaluation Process, ICAO,Airside
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Feb 2021 09:17
Last Modified: 11 Feb 2021 09:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24626

Actions (login required)

View Item View Item