IMPLEMENTASI METODE MULTI CRITERIA OPTIMIZATION AND COMPROMISE SOLUTION (VIKOR) DALAM APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERDAYAAN DAN KELAYAKAN PENGAJUAN BANTUAN USAHA KECIL MENENGAH (Studi Kasus DISPERINDAG Boyolali, UPT Pasar Cepogo )

Junianto, Eko (2021) IMPLEMENTASI METODE MULTI CRITERIA OPTIMIZATION AND COMPROMISE SOLUTION (VIKOR) DALAM APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERDAYAAN DAN KELAYAKAN PENGAJUAN BANTUAN USAHA KECIL MENENGAH (Studi Kasus DISPERINDAG Boyolali, UPT Pasar Cepogo ). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER HALAMAN.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Salah satu tugas dari DISPERINDAG Kabupaten Boyolali pada UPT Pasar Cepogo dalam mendukung usaha kreatif masyarakat pada Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) adalah menyusun program pemberdayaan dan pemberian bantuan bagi para UKM. Namun program tersebut masih belum sepenuhnya optimal dikarenakan masih seringnya terjadi kesalahan dalam pengalokasian bantuan yang menyebabkan bantuan menjadi tidak tepat sasaran. Hal ini disebabkan oleh proses perangkingan data calon penerima bantuan yang dilakukan oleh UPT Pasar Cepogo belum memiliki sistem untuk melakukan proses perangkingan dan verifikasi data lebih lanjut untuk menentukan prioritas calon penerima bantuan berdasarkan hasil akhir setiap alternatif. Metode VIKOR memiliki kelebihan pada proses pemeringkatan dengan memiliki nilai preferensi untuk pemeringkatan banyak alternatif atau subkriteria dengan lebih mudah. Selain itu, metode VIKOR memiliki kelebihan mengatasi kriteria yang bertentangan dalam pemeringkatan. Kriteria yang dimaksud adalah terdapat beberapa kriteria atau subkriteria tetapi masing-masing kriteria tersebut menggunakan penilaian berbeda. Penilaian itu dapat melihat nilai tinggi semakin baik atau nilai terendah semakin baik yang digunakan sebagai solusi untuk mendukung UPT PASAR CEPOGO dalam menentukan kebijakan pemberian bantuan terhadap UKM di Pasar Cepogo berdasarkan hasil akhir setiap alternatif. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem dapat melakukan perangkingan pengajuan bantuan secara lebih terukur dan tepat sasaran. Berdasarkan hasil pengujian validasi antara data perangkingan dari sistem pendukung keputusan terhadap data perangkingan dari UPT Pasar Cepogo didapatkan hasil bahwa sistem memperoleh 80.00% keakuratan data terhadap perangkingan yang dilakukan oleh pihak UPT sehingga sistem dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: UPT Pasar Cepogo, Pemberian Bantuan, Metode VIKOR.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:04
Last Modified: 09 Feb 2021 07:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24596

Actions (login required)

View Item View Item