PERBAIKAN POSTUR KERJA UNTUK MENGURANGI RESIKO MUSCULOSKELETAL MENGGUNAKAN ALAT BANTU KERJA (Studi Kasus pada PT. Mitra Rekatama Mandiri, Ceper, Klaten)

Butar Butar, Ryan Parulian (2020) PERBAIKAN POSTUR KERJA UNTUK MENGURANGI RESIKO MUSCULOSKELETAL MENGGUNAKAN ALAT BANTU KERJA (Studi Kasus pada PT. Mitra Rekatama Mandiri, Ceper, Klaten). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 Cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
1 SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Halaman pengesahan.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan observasi lapangan dengan memfokuskan penelitian pada kinerja operator sub lini pembubutan, sub lini pembubutan terdiri dari delapan operator yang memegang fungs penting sebagai penentu produk agar terlihat baik. Dilain sisi penilitian yang dilakukan pada operator sub lini pembubutan didasari dengan kuesioner NBM (Nordic Body Map) yang menunjukan data keluhan tubuh sehingga perlu dilakukan perbaikan. Analisis dilanjutkan dengan mengamati tahapan kerja yang dilakukan operator mesin bubut sehingga didapatkan tujuh tahapan postur kerja yang kemudian diolah menggunakan metode OWAS (Ovaco Working Posture Analysis), dari hasil pengolahan postur kerja yang dilakukan terdapat dua tahapan postur kerja yang perlu diperbaiki yaitu postur ketika operator mengambil produk pada lantai dan ketika operator meletakan produk pada lantai ketika selesai dibubut. Aktivitas mengambil dan meletakan yang dilakukan terus menerus oleh operator tentu akan menyebabkan cidera musculoskeletal dan menyebabkan kelelahan, tingkat kelelahan yang terjadi pada operator ditunjukan dengan data pengukuran CVL (Cardiovascular Load) yang melebihi standar yaitu diatas 30%. Dari beberapa analisis yang telah dilakukan untuk menggetahui masalah apa saja yang terjadi dan alternatif apa saja yang dibutuhkan untuk mejawab permasalahan yang ada ditentukanlah solusi yaitu dengan dibuatkan alat bantu kerja yang terbukti berhasil mengurangi resiko cidera musculoskeletal serta mengurangi tingkat kelelahan yang terjadi pada operator yang awalnya melebihi 30% dan setelah dilakukan perbaikan terjadi penurunan dengan nilai 29%. Kata kunci : Ergonomi, OWAS (Ovaco Working Posture Analisys), CVL (Cardiovascular Load)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Ergonomi, OWAS (Ovaco Working Posture Analisys), CVL (Cardiovascular Load)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Feb 2021 08:03
Last Modified: 05 Feb 2021 08:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24559

Actions (login required)

View Item View Item