RANCANGAN PENAMBANGAN BATUBARA DI PITBENDILI NORTHPADA DIVISI OPERASI DEPARTEMEN BINTANG PT. KALTIM PRIMA COAL SANGATTA KUTAI TIMURKALIMANTAN TIMUR

PRATAMA, RAFIF MALTA (2020) RANCANGAN PENAMBANGAN BATUBARA DI PITBENDILI NORTHPADA DIVISI OPERASI DEPARTEMEN BINTANG PT. KALTIM PRIMA COAL SANGATTA KUTAI TIMURKALIMANTAN TIMUR. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-4.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-4.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan-2.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan-3.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
Skripsi_Rafif Malta Pratama_RSidang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Pit Bendili Northpada Divisi Operasi Departemen Bintang PT. Kaltim Prima Coal (PT. KPC). PT. KPC saat ini belum memiliki rancangan skenario penambangan, namun memiliki rancangan akhir dari Pit Bendili North, maka perlu dilakukan rancangan kemajuan penambangan, rancangan kemajuan disposal, dan rencana kebutuhan alat pada pengangkutan overburden dan interburden.Tujuan penelitian ini adalah membuat rancangan penambangan, yaitu pushbackdan menentukan kualitas batubara, membuat rancangan kemajuan disposalserta menghitung rencana kebutuhan alat pada pengangkutan lapisan overburden dan interburden.Tahapanpenelitian meliputi studi literatur untuk mendapatkan dan mengumpulkan literatur yang berhubungan dengan penelitian, dilanjutkan dengan pengamatan di lapangan, setelah didapatkan data-data yang dibutuhkan maka dilakukan pengolahan dan analisis data menggunakan softwareMinex, langkah terakhir yaitu penarikan kesimpulan berupa skenario penambangan dan disposal, serta hasil perhitungan rencana kebutuhan alat.Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data sekunder diantaranya data topografi, data lubang bor, dan data parameter kebutuhan alat.Hasil penelitian diantaranya perancangan skenario penambangan pada Pit Bendili North telahmemenuhi target produksi pada bulan Januari 2020 hingga bulan April 2022 yang meliputi volume overburden dan interburden yang dibongkar sebesar 38.937.000 BCM dan tonase batubara sebesar 3.089.000 ton sehingga diperoleh stripping ratio sebesar12,60. Selain itu, skenario kemajuan disposal dapat menampung overburden dan interburdensebesar 47.154.000 LCM. Kemudian, rencana kebutuhan alat muat untuk penambangan di Pit Bendili Northyaitu 2 unit shovel Liebherr R996 dan 1 unit backhoeLiebherr R996. Alat angkut yang digunakan pada awal penambangan yaitu 7 unit alat angkut pada awal penambangan dengan maksimal alat angkut sebesar 24 unit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:37
Last Modified: 04 Feb 2021 07:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24540

Actions (login required)

View Item View Item