PENDUGAAN ZONA MINERALISASI EMAS MENGGUNAKAN METODE MAGNETIK DAN INDUKSI POLARISASI DI GUNUNG GUPIT, NGADIHARJO, BOROBUDUR, MAGELANG, JAWA TENGAH.

Arifin, Irfan Mateen (2021) PENDUGAAN ZONA MINERALISASI EMAS MENGGUNAKAN METODE MAGNETIK DAN INDUKSI POLARISASI DI GUNUNG GUPIT, NGADIHARJO, BOROBUDUR, MAGELANG, JAWA TENGAH. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Emas yang menjadi investasi andalan di Indonesia mengalami kenaikan kebutuhan. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut maka dilakukan eksplorasi di daerah yang berpotensi untuk menghasilkan emas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan persebaran mineralisasi emas berdasarkan nilai chargeabilitas dan nilai suseptibilitas, dan pemodelan 2,5D berdasarkan nilai suseptibilitas. Penelitian dilakukan di Gunung Gupit, Ngadiharjo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Daerah penelitian termasuk ke dalam endapan epitermal sulfidasi tinggi. Keberadaan struktur sangat mempengaruhi zona mineralisasi karena sebagai jalur mobilisasi fluida hidrotermal. Pencarian struktur dilakukan berdasarkan persebaran nilai intensitas magnetik pada peta RTP dan persebaran nilai gravitasi semu pada peta THD. Pemodelan 2,5D mengacu pada persebaran nilai suseptibilitas dan zona alterasi di daerah penelitian. Keberadaan mineralisasi emas dicari lebih detil berdasarkan persebaran nilai chargeabilitas yang berasosiasi dengan mineral sulfida dan lempung. Analisa pada peta RTP menunjukkan zona mineralisasi emas bernilai intensitas magnetik sekitar -300 nT sampai -200 nT. Hal ini dikarenakan fluida hidrotermal telah mengubah susunan mineral magnetit pada batuan yang dilewatinya sekaligus mengendapkan mineral sulfida dan lempung, dan sedikit silika. Zona mineralisasi emas berdasarkan persebaran nilai chargeabilitas berkisar 30 – 50 ms dengan nilai resistivitas 5 – 100 ohm meter.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Chargeabilitas, Emas, Epitermal, Sulfidasi Tinggi, Resistivity.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:06
Last Modified: 04 Feb 2021 05:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24510

Actions (login required)

View Item View Item