ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN KEPMEN BUMN Nomor : Kep-100/MBU/2002 (Studi Kasus pada Perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang listing tahun 2013-2017)

Duwila, Aisyah Novitasari (2021) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN KEPMEN BUMN Nomor : Kep-100/MBU/2002 (Studi Kasus pada Perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang listing tahun 2013-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of Full-Skripsi.pdf] Text
Full-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aisyah Novitasari Duwila, Nomor Induk Mahasiswa 152120089, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang Terdaftar di BEI Berdasarkan KEPMEN BUMN Nomor : Kep-100/MBU/2002 (Studi Kasus pada Perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang listing tahun 2013-2017). Dosen pembimbing I : Indro Herry Mulyanto dan Dosen Pembimbing II : Adi Soeprapto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEI berdasarkan Kepmen BUMN Nomor : Kep-100/MBU/2002 tahun 2013-2017 yaitu PT Medco Energi International, PT Ratu Prabu Energi, PT Elnusa, PT Radiant Utama Interinsco dan PT Benakat Integra. Tipe penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan karakteristik variabel yang diteliti dalam suatu situasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu sebagai berikut : perusahaan minyak dan gas bumi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, perusahaan minyak dan gas bumi yang konsisten mempublikasikan data laporan keuangan pada periode penelitian yaitu tahun 2013-2017, perusahaan minyak dan gas bumi yang memiliki kelengkapan data laporan keuangan pada tahun 2013-2017. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berdasarkan Kepmen BUMN Nomor : Kep-100/MBU/2002 yang terdiri dari aspek keuangan dengan menggunakan delapan indikator yaitu ROE, ROI, Cash Ratio, Current Ratio, Collection Periods, Perputaran Persediaan, Total Asset Turn Over (TATO), dan Total Modan Sendiri terhadap Total Aset (TMS terhadap TA).
Hasil dari penelitian ini menunjukan kinerja keuangan PT Medco Energi International selama tahun 2013-2017 memperoleh predikat SEHAT dengan kategori A. PT Ratu Prabu Energi memperoleh predikat KURANG SEHAT dengan kategori BBB. PT Elnusa memperoleh predikat SEHAT dengan kategori AA. PT Radiant Utama Interinsco memperoleh predikat SEHAT dengan kategori AA. PT Benakat Integra memperoleh predikat KURANG SEHAT dengan predikat BBB.
Berdasarkan penelitian ini perusahaan yang memperoleh predikat KURANG SEHAT diharapkan selalu tetap menjaga dan meningkatkan kinerja keuangannya dengan memperhatikan faktor-faktor yang ada, antara lain Imbalan kepada Pemegang Saham (ROE), Imbalan Investasi (ROI), rasio kas, rasio lancar, Perputaran Piutang (CP), Perputaran Persediaan (PP), Perputaran Total Aktiiva (TATO), dan Total Modal Sendiri terhadap Total Aset (TMS terhadap TA) agar dapat memperoleh predikat SEHAT dengan kategori AAA untuk tahun-tahun berikutnya.
Kata kunci : Analisis Pengukuran, Kinerja keuangan dan Kepmen BUMN.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pengukuran, Kinerja keuangan dan Kepmen BUMN.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:36
Last Modified: 13 Jan 2023 06:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24479

Actions (login required)

View Item View Item