RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) PADA BERBAGAI INTERVAL PEMBERIAN NUTRISI DAN MEDIA TANAM PADA HIDROPONIK SUBTRAT

Novianto, Hendra (2020) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) PADA BERBAGAI INTERVAL PEMBERIAN NUTRISI DAN MEDIA TANAM PADA HIDROPONIK SUBTRAT. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-6.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDO-B. INGGRIS.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-8.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
LAPORAN SKRIPSI HENDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) banyak dibudidayakan petani di lahan terbuka dan di musim kemarau. Teknik budidaya tanaman yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil bawang merah adalah hidroponik subtrat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara interval pemberian nutrisi dan media tanam yang paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah pada hidroponik substrat. Penelitian ini bertempat di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta. Metode yang digunakan merupakan percobaan menggunakan polybag di susun dalam Rancangan Split Plot dua faktor yang diulang sebanyak 3 kali. Petak utama adalah interval pemberian nutrisi yang terdiri dari 3 taraf, yaitu 3, 5 , dan 7 kali/hari. Anak petak adalah jenis media tanam yang terdiri dari 3 taraf, yaitu arang sekam, Pasir, dan Pasir : Cocopeat (1:1). Data pengamatan dianalisis menggunakan Sidik Ragam pada taraf 5%. Uji lanjut perlakuan dilanjutkan dengan DMRT (Duncan’s Multiple Range test) pada jenjang nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antar perlakuan interval pemberian nutrisi dan jenis media tanam pada seluruh parameter pengamatan. Perlakuan interval pemberian nutrisi 3 kali/hari memberikan hasil terbaik pada parameter tinggi tanaman 4 MST, bobot segar tanaman 6 MST, bobot kering tanaman 6 MST, bobot segar umbi per rumpun, bobot per umbi per rumpun, bobot umbi kering per rumpun, diameter umbi per rumpun. Perlakuan media tanam Pasir:Cocopeat (1:1) memberikan hasil terbaik pada parameter tinggi tanaman 2, 4, dan 6 MST, bobot segar tanaman 4 MST, bobot kering tanaman 4 MST, bobot segar umbi per rumpun, bobot umbi kering per rumpun, dan jumlah umbi per rumpun. Kata kunci : bawang merah, hidroponik substrat, interval nutrisi, media tanam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : bawang merah, hidroponik substrat, interval nutrisi, media tanam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:11
Last Modified: 27 Jan 2021 06:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24421

Actions (login required)

View Item View Item