USULAN RANCANGAN TATA LETAK GUDANG PRODUK AKHIR DENGAN METODE DEDICATED STORAGE DAN PALLET RACKING SYSTEM (Studi Kasus di PT Cipta Wahana Persada)

Kurniawan, Reinaldi (2020) USULAN RANCANGAN TATA LETAK GUDANG PRODUK AKHIR DENGAN METODE DEDICATED STORAGE DAN PALLET RACKING SYSTEM (Studi Kasus di PT Cipta Wahana Persada). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of DRAFT-FINAL.pdf] Text
DRAFT-FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Cipta Wahana Persada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan bitumen Aspal Buton (Asbuton). Perusahaan memproduksi Asbuton dengan berbagai spesifikasi diantaranya adalah aspal campuran panas hampar dingin atau Cold Paving Hotmix Asbuton (CPHMA), Aspal Emulsi (Lapisan Perekat) dan Asbuton Butir. Perusahaan saat ini menggunakan sebuah gudang berukuran 12 m x 12 m x 6 m. Perusahaan tidak memiliki sistem penyimpanan di gudang yang dapat mengatur tata letak barang. Barang diletakan secara acak dan tidak ada lokasi penempatan yang jelas. Akibatnya, operator mengalami kesulitan, jarak material handling menjadi lebih besar dan gudang mengalami over kapasitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang fasilitas penyimpanan dengan luas ruang yang optimal, aktifitas perpindahan barang lebih teratur dengan jarak yang lebih pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dedicated Storage. Metode ini menempatkan produk pada lokasi penyimpanan yang tetap. Produk yang diteliti adalah Cold Paving Hot Mix Asphalt (CPHMA). Estimasi banyaknya produk yang akan diteliti terlebih dahulu dihitung dengan peramalan produksi. Media penyimpanan yang digunakan adalah palet kayu. Penempatan produk dilakukan dengan membuat plot wilayah dan Pallet Racking System. Pallet Racking System membuat satu plot wilayah dapat menampung lebih dari satu palet dengan disusun ke atas untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Perhitungan jarak material handling dilakukan menggunakan jarak aisle, dengan menghitung jarak setiap jalur lintasan yang dilalui oleh operator. Hasil penerapan metode dedicated storage dan pallet racking system diperoleh ukuran ruangan gudang optimal yang dapat menampung seluruh permintaan yaitu sebesar 16,89 m x 27,93 x 6 m. Tingkat efektivitas penyimpanan pada gudang usulan sebesar 100%, sedangkan untuk gudang aktual hanya 50%. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 50%. Jarak material handling pada gudang usulan yaitu sebesar 650,95 m. Jarak material handling kondisi aktual tidak dapat diukur karena lokasi berubah-ubah dan tidak pada lokasi penyimpanan yang seharusnya. Kata Kunci: Perancangan Tata Letak, Dedicated Storage, Peramalan Produksi, Pallet Racking System, Efektivitas Ruang Penyimpanan, Material Handling.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Tata Letak, Dedicated Storage, Peramalan Produksi, Pallet Racking System, Efektivitas Ruang Penyimpanan, Material Handling.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jan 2021 03:16
Last Modified: 16 Jan 2023 07:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24413

Actions (login required)

View Item View Item